Bartim

Kantor Kementerian Agama Barito Timur Gelar Peringatan Hari Santri Nasional Ke 8

TAMIANG LAYANG - Pegawai Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Barito Timur menggelar upaca peringatan Hari Santri Nasional ke 8 tahun 2022, yang dilaksanakan di halaman Kakanmenag setempat, Sabtu 22 Oktober 2022.

Upacara tersebut dihadiri langsung oleh, Kepala Kakanmenag Barito Timur, H. Ahmadi, para undangan dan para santri.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan hari santri tahun ini adalah "Berdaya menjaga martabat kemanusiaan,".

Seperti yang dikatakan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, bahwa santri di masa kini, dituntut tidak hanya sekadar bisa mengaji. Tapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta ilmu lain yang memberikan manfaat bagi agama, Nusa dan bangsa.

"Peran santri dalam masa revolusi kemerdekaan, khususnya saat keluar Resolusi Jihad oleh KH Hasyim Asy'ari pada bulan Oktober 1945, yang berlanjut pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, adalah bukti peran aktif para santri. Di era kini, tentu tuntutan yang dihadapi sangat berbeda. Namun santri tetap harus berada di garda paling depan. Siap memberikan kontribusi pikiran, tenaga, bahkan jiwa dan raganya," papar Menteri Agama RI,  dalam sambutan tertulis, yang dibacakan oleh Kepala Kakanmenag Barito Timur, H Ahmadi S Ag,

Saat ditemui awak media, Ahmadi berharap para santri ke depan bisa lebih siap dalam menghadapi tantangan. Sesuai tema yang diangkat santri bisa berdaya dan memberikan hal-hal positif dimasyarakat.

"Harapan kami, dengan adanya hari santri yang ke-8 merupakan usaha dan ikhtiar bersama, berdedikasi, wawasan tinggi, punya ahlak yang tinggi dan teladan di masyarakat," pungkasnya.

(Ahmad Fahrizali)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments