Katingan

Katingan dalam Status Tanggap Darurat Banjir

FOTO : Pj Bupati Katingan di dampingi Plt Dinsos Robertus saat menyerahkan bantuan logistik banjir bagi masyarakat

KATINGAN – Kabupaten Katingan dalam Status Tanggap Darurat Banjir. Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial Kabupaten Katingan Robertus,  di ruang kerjanya kantor Dinsos Kabupaten Katingan. Senin (24/06/2024)Pemerintah Kabupaten Katingan menetapkan Status Tanggap Darurat Banjir dan status tanggap darurat banjir diperpanjang selama dua kali.

Dijelaskan Robertus, dalam Status Tanggap Darurat Banjir Pemerintah Kabupaten Katingan menyalurkan logistik dapur umum desa/kelurahan seperti Beras, Minyak Goreng, Mie Instan, Kopi, Gula dan telor yg merupakan kebutuhan-kebutuhan logistik lainnya yang dibawah ke daerah-daerah atau desa-desa yang terdampak banjir dengan metode desa/kelurahan akan membentuk dapur umum desa/kelurahan yg mengalami dampak banjir.

“Kita minta untuk desa-desa terdampak banjir, buat dapur umum, dan pemerintah yang siapkan logistiknya, karena dengan sistem seperti itu, anggaran bisa dimaksimalkan,” Katanya.

Masih menurut Robertus, pihaknya tidak melakukan pembagian sembako kepada masyarakat, karena menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Khusus untuk beras, kata Robertus, disiapkan dinas Pertanian melalui Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Bulog sebanyak 42 ton.

Masih menurut Robertus, banjir yang terjadi saat ini, sekalipun tanggap darurat dilakukan selama dua kali yaitu 2-14 Juni 2024 dan diperpanjang lagi 15-28 Juni 2024 tidak separah tahun sebelumnya.

“Kalau tahun 2022 banjirnya cukup parah, bahkan sampai dilakukan rasionalisasi anggaran untuk mengatasi banjir,” Tandasnya.

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments