Katingan

Katingan laksanakan Pencanangan Imunisasi PCV Untuk Mencegah Radang Paru Pada Anak

KATINGAN - Dinas Kesehatan Katingan melaksanakan kegiatan pencanangan imunisasi Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) pada tanggal 5 Oktober 2022 yang bertempat di Puskesmas Kasongan. Pneumonia adalah salah satu penyakit menular yang merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak di dunia. Penyakit ini dapat diobati jika terdiagnosa sedini mungkin serta dapat dicegah dengan imunisasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Katingan Lismawaty SKM.,M.Kes dalam sambutannya mengatakan, "Imunisasi PCV atau Pnemococcal Conjugate Vaccine merupakan vaksin untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru pada anak. Pemberian imunisasi PCV sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena pneumonia atau radang paru adalah penyebab kematian tersebar pada anak di dunia termasuk di Indonesia." paparnya. 

Bersamaam dengan kegiatan pencanangan tersebut, diberikan pelayanan imunisasi PCV kepada anak-anak yang berusia 2 bulan untuk dosis pertama. Sesuai dengan ketentuannya, imunisasi PCV diberikan sebanyak 3 dosis pada saat anak berusia 2, 3, dan 12 bulan. Kementerian Kesehatan telah menetapkan bahwa imunisasi PCV masuk ke dalam Program Imunisasi Rutin Anak sehingga bisa diperoleh secara gratis di puskesmas, posyandu, rumah sakit dan tempat pelayanan imunisasi lainnya.

“Imunisasi PCV diberikan secara gratis kepada anak-anak di Katingan sesuai usianya agar terlidungi dari  ancaman penyakit pneumonia yang sangat berbahaya bagi anak-anak kita”, tambah Lisma.

Dalam kesempatan pencanangan ini turut dihadiri oleh Tim Supervisi Suportif Imunisasi dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Konsultan UNICEF perwakilan Kalimantan Tengah, Camat Katingan Hilir, serta Organisasi Profesi di Kabupaten Katingan seperti Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). 

Camat Katingan Hilir, Dony Merianto yang juga hadir dalam kegiatan ini mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam kegiatan program imunisasi termasuk imunisasi PCV. 

“Kami mengajak masyarakat untuk membawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi di puskesmas maupun posyandu terdekat. Imunisasi PCV ini baru di Katingan, tapi sudah lama dilaksanakan di daerah lain sehingga sudah terbukti aman dan efektif untuk anak-anak kita”, tuturnya.

 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments