P. Raya

Kelas Tingang Tabela Sanggar Riak Renteng Tingang Gelar UTS

PALANGKA RAYA - Kelas Tingang Tabela sanggar Riak Renteng Tingang kota Palangka raya menggelar ujian tengah semester bagi para anak didiknya yang dilaksanakan di Sanggar Riak Renteng Tingang jln RTA Milono km. 3,5 pada selasa 28 september 2021.

Para muda anak didik kelas Tingang Tabela sanggar Riak Renteng Tingang kota Palangka raya mengadu keahlian tari mereka dalam agenda ujian tengah semester yang dilaksanakan oleh mentor kelas Tingang Tabela , Denny Khasan.

Pada ujian tengah semester ini para anak didik memperlihatkan tari Kinyah Tunggal dari setiap versi mereka dalam menerapkan wiraga atau kedisplinan dalam menggerakan suatu gerakan, wirasa atau penghayatannya dalam menari, dan wirama atau kesesuaian gerakan dengan tempo musik.

Dhenny Khasan, mentor sekaligus penguji dari UTS ini menjabarkan point yang tidak kalah penting dari wiraga, wirasa, dan wirama, yaitu penguasaan materi atau penguasaan panggung. Anak didik tidak hanya dapat menguasai diri mereka dalam menggerakan tubuh menjadi sebuah tarian, namun juga bagaimana mereka dapat menguasai panggung sehingga penampilan tarian yang mereka lakukan bisa optimal.

Dalam Kelas Tingang Tabela ini jenis jenis tarian yang diajarkan meliputi Kinyah, tasai, hingga tari Giring-Giring. Rentang usia anak didiknya dimulai dari usia 12 tahun hingga 18 tahun. Disebabkan pandemic para anak didik kelas Tingang Tabela mendapat kesulitan untuk dapat tampil diluar, mengingat protocol kesehatan yang berlaku demi kebaikan semua pihak.

Dhenny menjelaskan mengapa harus belajar di sanggar Riak Renteng Tingang karena biaya pendaftaran dan tarif bulanannya yang terjangkau dan yang diajarkan di sanggar ini bisa menjadi bekal dikemudian hari dalam bidang kesenian maupun yang lainya.

Dirinya berharap kepada para anak didik agar dapat mengharumkan nama baik sanggar Riak Renteng Tingang, tempat mereka menimba ilmu, wawasan, dan ketrampilan kebudayaan tari daerah suku Dayak.

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments