Katingan

Kemarau Berkepanjangan BPBD Diminta Antisipasi Karhutla

KATINGAN -  Adanya Kemarau yang berkepanjangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan diminta waspada terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Hal ini diungkapkan Riming, anggota DPRD Kabupaten Katingan, pasalnya kemarau yang terjadi saat ini, sekalipun kemarin sempat turun hujan, namun dianggap cuaca panas tetap bertahan. “Kalau kita lihat cuaca sekarang, kayaknya musim kemarau sedang terjadi, karena hujan baru kemarin,” Ungkap Riming. Anggota DPRD Kabupaten Katingan. Selasa (24/09/2024).

Khususnya bagi BPBD Kabupaten Katingan, Riming menyebutkan tetap waspada sehingga potensi terjadinya Karhutlah, dapat di minimalisir bahkan dicegah. “Lebih kita mencegah dari pada kita berhadapan dengan Karhutla,” Akunya.

Riming menuturkan, untuk Kabupaten Katingan, diperkirakan panas sudah terjadi kurang lebih dua minggu, hal tersebut terlihat dari debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan yang turun drastis. “Kita lihat saja Sungai Katingan, debit airnya turun jauh, karena Panas panjang sudah terjadi,” Ujarnya.

Selain BPBD, Riming salah satu kader terbaik partai besutan Megawati Soekarno Putri berharap, masyarakat yang membuka lahan, tetap waspada dan jangan membakar lahan sembarangan apalagi membiarkan.

“Intinya, karena sekarang kemarau masih terjadi, lebih baik kita sama-sama menjaga agar tidak terjadi Karhutla,” Tandasnya.

 

 (Novryanto). 

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments