Barsel

Kepala BPJS Pastikan Pihak Nya Tidak Pernah Menunggak

BUNTOK -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan untuk pelayanan bagi pesertanya tetap berjalan secara optimal dan terkait pembayaran kapitasi kepada seluruh UPTD Puskesmas Di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Hal tersebut disampaikan oleh kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Pupung Purnama kepada Wartawan Huma Betang saat dikonfirmasi kantor BPJS Barito Selatan  jumat  (18/ maret 2022).

Pupung purnama menegaskan bahwa terhadap dana tersebut pihaknya tidak pernah menunggak ke puskesmas, pembayaran sudah sesuai ketentuan yang berlaku.

Pihak kantor BPJS menjelaskan untuk pembayaran kapitasi mengacu pada peraturan presiden (perpres) nomor 46 tahun 2021 dan peraturan mentri dalam negeri (permenda-gri) nomor 28 tahun 2021. Bahwa sisa pengelolaan dana kapitasi jkn yang telah direview oleh aparat pengawas internal pemerintah (apip) dan dilaporkan oleh pejabat pengelola keuangan daerah dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran (BPKAD) setempat selaku bendahara umum daerah kepada BPJS kesehatan.

Berkaitan dengan pembayaran kapitasi di dua belas puskesmas se Barito Selatan menggunakan dana sisa lebih. Penggunaan anggaran (silpa) sesuai dengan laporan BPKAD Kabupaten Barito Selatan pada bulan desember 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan Dokter Yomi menjelaskan bahwa sebelumnya sebagai tindak pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Barito Selatan telah melakukan rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Barito Selatan dan dihadiri oleh sekretaris daerah, BPKAD, Dinas Kesehatan, dan kepala UPTD Puskesmas Buntok.

Dari hasil rapat tersebut, BPKAD akan menyampaikan surat revisi terkait silpa kapitasi kepada bpjs kesehatan untuk selanjutnya dilakukan rekonsiliasi bersama sebagai dasar pembayaran kapitasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Dokter Yomi juga dapat memastikan untuk proses tersebut tidak berdampak kepada pelayanan peserta bpjs kesehatan disetiap puskesmas yang ada di Barito Selatan.

Terkait hal tersebut sudah clear dan dipastikan untuk pelayanan kepada peserta BPJS tetap berjalan dengan maksimal.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments