P. Pisau

Kerjasama Kabupaten Pulang Pisau untuk Mendukung Transisi Energi dan Potensi Daerah

PULANG PISAU – Pada tanggal  (12/09/2024), Bertempat di Kasuari Hotel Lumire, Jakarta, Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, mengumumkan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dengan PT Energi Primer Indonesia dan PT PLN Nusantara Power. Dimana Penandatanganan  sebagai langkah awal memperkuat pengembangan potensi daerah di Pulang Pisau tentunya.

Lanjut ia menjelaskan bahwa kerjasama ini disambut baik oleh pemerintah daerah karena mendukung transisi energi dan percepatan target net zero emission. Kabupaten Pulang Pisau memiliki wilayah seluas 9.692 kilometer persegi dengan hutan yang luas dan potensi besar di sektor pertanian, khususnya sebagai penyangga ketahanan pangan nasional.

Ia menambahkan sebagaimana diketahui Kabupaten Pulpis telah menerima program cetak sawah yang luasnya mencapai 1 juta hektare dari pemerintah pusat, khusus untuk Kalimantan Tengah. Harapannya dari adanmya kerjasama ini diharapkan membantu mengurangi risiko bencana seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta potensi banjir saat musim hujan, terutama banjir kiriman dari daerah lain, seperti yang selalu terjadi selama ini.

Melalui kerjasama ini, diharapkan potensi daerah dapat lebih digali. Program dari PT Energi Primer Indonesia dan PT PLN Nusantara Power diharapkan mampu menangani tantangan yang dihadapi Kabupaten Pulang Pisau, seperti perubahan iklim dan ketahanan energi. Selain itu, transisi energi ini diharapkan juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Tentunya dalam hal ini Rachmanoe Indarto selaku Direktur Operasi Pembangkit Batubara PT PLN Nusantara Power,  menyatakan bahwa kerjasama ini sangat mendukung pihaknya dalam mempercepat target net zero emission. Ia juga mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau yang memungkinkan langkah awal ini, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk peningkatan ekonomi daerah kedepannya dengan lebih baik.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments