P. Raya

Khasiat Kelapa muda bakar untuk kesehatan

PALANGKA RAYA - Kelapa dengan bahasa latinnya coco lucifera ini mempunyai banyak manfaat, seperti untuk makanan pengobatan, kosmetik, kerajinan, meuble, interior dan eksterior. Tidak salah bila dikatakan kelapa tanaman serba guna dan banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropic. Salah satu manfaat kelapa muda bakar konon dapat menambah stamina.

Khasiat kelapa bakar untuk kesehatan dan pengobatan beragam penyakit mulai banyak dibahas mengingat mulai menjamurnya para pedagang kelapa bakar disejumlah tempat. Minum es kelapa muda bisa dibilang hal yang biasa, Kala dahaga melanda es kelapa muda dalam bentuk dawegan atau degan dicampur gula aren serta syrup berbagai rasa olahan menjadi pilihan pelepas dahaga.

Bagaimana dengan kelapa muda bakar yang jarang ada yang menjual dan tidak sepopuler kelapa muda biasa ? Ternyata kelapa tidak hanya enak dinikmati di kala cuaca panas saja, pada cuaca dingin dan hujan pun bisa dinikmati.

Menurut pak Mul salah satu penjual kelapa muda bakar dibilangan jalan Mahir Mahar dekat perempatan lampu merah ini  mengatakan, kelapa muda bakar diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, kencing batu, ginjal, obat masuk angin, pegal-pegal, sesak napas, menetralkan racun pestisida,  hingga penambah stamina.

Untuk dijadikan sebagai obat, kelapa muda bakar ini dicampur dengan beberapa bahan seperti serai, jahe, lada hitam, gula aren bahkan bisa sampai sebelas bahan campuran.

Kelapa muda bakar ini dijual dengan harga Rp.15.000 per biji pak Mul bisa menghabiskan 35 - 40 biji setiap hari dengan pelanggan dari semua kalangan bahkan ada yang dari Banjarmasin, Pangkalanbun dan Sampit.

Bukan hanya pandai mengolah kelapa, Pak Mul pun ternyata ahli dalam urat syaraf, yang didapat secara turun temurun dari leluhurnya. Ia bisa menyembuhkan otot kejepit, pegal pegal, kaki, tangan, leher yang kaku dan tegang pun bisa ditangani hanya dengan memijat titik syaraf tertentu saja dan dilakukan di tempat berjualan kelapa bakar.

Saat awak media menikmati kelapa bakar buatan Pak Mul ini sangat terasa wanginya aroma serai dan jahe dipadu dengan segarnya air kelapa dan hangatnya jahe, manis gula aren, serta lembutnya isi daging kelapa muda. Tak terasa hangat menjalar seluruh tubuh keringat pun mengucur, badan terasa segar serta napas longgar, sepadan dengan harga yang dibayar.

(Altius Utama)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments