P. Raya

Komitmen Bersama Rembuk Dengan Instansi Terkait Penurunan Stunting

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Rembuk Stunting Tingkat Provinsi Kalteng, dilaksanakan di Aula Kantor Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Kamis (3/8/2023). Rakor dibuka dan dilaksanakan pembacaan komitmen bersama dalam rangka penurunan stunting, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen tersebut.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur mengatakan program percepatan penurunan stunting menjadi salah satu program prioritas di Provinsi Kalteng. “Pencapaian prevalensi stunting di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 sebesar 26,9 persen mengalami penurunan 0,5 persen dari tahun 2021 sebesar 27,4 persen. Terjadi kecenderungan daerah yang tadinya prevalensi stuntingnya tinggi bisa menurun cukup signifikan seperti Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Barito Timur, Ucap Edy."

Wakil Gubernur  Edy Pratowo Minta Seluruh Pemangku Kepentingan Perkuat Komitmen dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kalteng Penandatanganan komitmen bersama.

Selanjutnya  Wakil Gubernur menyampaikan, terdapat beberapa kabupaten yang mengalami peningkatan prevalensi stunting, diantaranya Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Seruyan. “Untuk itu diperlukan komitmen yang kuat dan implementatif dalam program PPS sehingga target prevalensi stunting Kalimantan Tengah sebesar 15,38 persen pada tahun 2024 dapat tercapai,” Jelas Wagub."

Wagub berharap melalui Rakor ini, TPPS Provinsi Kalteng dan pihak-pihak terkait dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, serta evaluasi capaian indikator untuk mengidentifikasi dan mencari solusi dari berbagai kendala dan hambatan yang ditemui di lapangan. “Saya harapkan semua yang hadir pada rapat ini bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi yang harus dilakukan dalam upaya mengejar target dari semua indikator percepatan penurunan stunting 2023,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Provinsi  Kalteng Leonard S. Ampung dalam laporannya menyampaikan Rakor TPPS dan rembuk stunting bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pandangan lintas Perangkat Daerah (PD) dalam melaksanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting

serta dapat menjalankan fungsi yang melekat pada dinas masing-masing; meningkatkan kapasitas TPPS Provinsi dan Kabupaten/Kota; memperkuat sinergisitas lintas PD yang tergabung dalam struktur TPPS Kabupaten/Kota dalam upaya percepatan penurunan stunting; melakukan pemantauan dan evaluasi percepatan penurunan stunting Provinsi Kalteng; melaksanakan rembuk stunting Provinsi Kalteng; serta menyusun rencana strategis dalam mengawal dan mengimplementasikan indikator Lima Pilar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalteng. 

Hadir Dalam Kegiatan  Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor, Sekretaris Utama BKKBN Pusat selaku Ketua Sekretariat BPS BKKBN Pusat Tavip Agus Rayanto, Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng Jeanny Yola Winokan, Unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait, serta Ketua TPPS Kabupaten/Kota se-Kalteng. Hadir pula secara virtual, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Ditjen Bina Pembanguan Daerah Kemendagri Wahyu Suharto, dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments