Barsel

Komitmennya Teguh, Pemkab Barsel Gencarkan Revitalisasi Bahasa Daerah

Palangka Raya -  Pada pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Barito Selatan, Jumat, 17/11/2023.Rahmat Nuryadin, Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Selatan, menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel dalam mendukung terus berlanjutnya revitalisasi bahasa daerah, tidak terbatas pada Bahasa Maanyan saja.

Ia menegaskan, dalam siaran pers yang dikirimkan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, "Saat ini Pemkab Barsel berharap revitalisasi bahasa daerah terus berlanjut dengan menyasar bahasa lain yang ada di Barsel ini,agar tetap terjaga keberagaman bahasa yang ada diwilayah ini," ungkapnya.

Dalam acara yang berlangsung hingga besok, Nuryadin menjelaskan komitmen Pemkab Barsel dalam menjaga dan melestarikan bahasa daerah melalui program Mulok di wilayah tersebut. Kegiatan ini diarahkan khususnya untuk siswa tingkat SD dan SLTP dari Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Barito Utara.

Muhammad Muis, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng, menyampaikan bahwa Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan wadah bagi tunas muda untuk aktif dalam melestarikan bahasa daerah yang ada diwilayah tersebut.

Muis menekankan pentingnya perlindungan terus-menerus terhadap bahasa dan sastra daerah di Indonesia, agar tetap menjadi kebanggaan dan identitas lokal dalam konteks persatuan Indonesia.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments