Nasional

Kordinasi Dan Sosialisasi  BBUSKP Dan Dinas Pertanian Kabupaten Subang Jawa Barat

SUBANG  - Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian (BBUSKP), Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Jawa Barat menggelar kordinasi dan sosialisasi sinergitas karantina, pemuda, perguruan tinggi, pelaku usaha dan petani dalam mendukung peningkatan  ekspor komoditas pertanian  dan pangan  unggulan. Acara di gelar di aula Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis 27 Juli 2023.

Dalam acara sosialisasi dan kordinasi ini juga digelar diskusi yang menghadirkan narasumber-narasumber yaitu dr. Nursuhud, dea, lektor universitas pajajaran bandung, drh. Sriyanto, M.Si, Ph.D, kepala BBUSKP,dra. Nenden Setiawati, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang,Jawa Barat, Maman Suparman, Sp., M.Sc, koordinator kelompok karantina tumbuhan non benih, pusat karantina tumbuhan dan keamanan hayati nabati  serta tono primansyah petani talas pratama.

Usai acara tersebut, saat ditemuin Kepala BBUSKP, Sriyanto ,menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin kerjasama untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian melalui serangkaian kegiatan riset dan dalam hal ini pelaku usaha juga berperan agar produk-produk seperti apa yang bisa diterima konsumen dan itu perlu dilakukan komunikasi antara pelaku usaha dan petani, begitu juga peran pemerintah daerah juga penting sehingga dengan bersiberginya karantina pertanian,pemerintah daerah,pelaku usaha dan petani kedepannya bisa meningkatkan keberterimaan produk kita untuk diekspor ke luar negeri, ujar Sriyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Dra. Nenden Setiawati, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengatakan kami sangat berterima kasih kepada kementerian pertanian dengan adanya acara ini yang outputnya nanti para petani bisa menjadi eksportir dengan bimbingan karantina pertanian terkait persyaratan-persyaratan supaya komoditi-komoditi yang ada di kabupaten subang menjadi komoditas ekspor.

Sementara itu, Tono Primansyah Petani Talas Pratama, menyampaikan kami sangat berterima kasih dengan adanya informasi sekaligus teknis bagaimana carannya untuk ekspor terus adanya tekis untuk merawat tanaman supaya bagus dan diacara ini kita juga dikumpulkan dengan pemangku kepentingan dan kedepannya dengan acara ini saya berharap adanya tindak lanjut untuk memperlancar kita sebagai petani untuk melihat peluang.

Hadir juga di acara tersebut, Roy Andrian, Se., Mmsi, pelaku usaha menyampaikan, kegiatan ini sangat penting dan sangat bermanfaat, karena di sini dapat berkomunikasi secara langsung kepada semua pihak yang terlibat, sehingga diharapkan dapat menyatukan visi serta misi demi meningkatkan sektor pertanian dan pangan. Disamping itu sebagai pelaku usaha dapat menerima informasi terkait kebijakan dan regulasi yang terkini dibidang sektor pertanian.   

Hadir pada acara kordinasi dan sosialisasi bbuskp dan dinas pertanian kabupaten subang jawa barat yaitu para petani,dari kalangan koperasi,penyuluh  pertanian,kelompok tani dan para pelaku usaha.

(Noris)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments