Kotim

Kotawaringin Timur (Kotim) Mendominasi PDRB di Kalimantan Tengah Berkat Investasi

SAMPIT – Tingginya aliran investasi ke wilayahnya telah menjadikan Kotim sebagai penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di antara 14 kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng). Menurutnya, berdasarkan data PDRB, Kotim berkontribusi sebanyak 30 persen terhadap PDRB total Kalteng. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Halikinnor,

Halikinnor menjelaskan, "Pertumbuhan ekonomi yang pesat, yang sebagian besar dipicu oleh investasi yang terus mengalir, ini berarti 30 persen dari seluruh aktivitas ekonomi di Kalteng terpusat di Kotim. Hal ini juga menjadi tanda bahwa ekonomi di wilayah kami telah pulih setelah mengalami dampak pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu yang menghantam perekonimian. Peluang usaha bagi masyarakat di sini sangat besar, belu lagi jika dilihat adanya  tingkat persaingan yang sangat tinggi di Kotim," tuturnya.

Halikinnor juga menyebutkan bahwa salah satu faktor utama yang mendukung tingginya PDRB di Kotim adalah aliran investasi yang signifikan ke wilayah tersebut. Menurut data yang diterimanya, terdapat 58 perusahaan besar di sektor perkebunan kelapa sawit yang telah beroperasi di wilayah Kotim. Hal ini juga mengakibatkan peningkatan jumlah pendatang dari luar daerah ke wilayah Kotim.

"Selain itu, sektor pertambangan juga sedang berkembang, dan paling lambat pertengahan 2024, banyak operasi pertambangan akan dimulai. Jika semua ini terjadi, maka kita akan melihat lonjakan ekonomi yang sangat signifikan. Ini juga akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat kita di Kotim," pungkasnya.

 

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments