Kotim

Penghargaan Nasional untuk Bunda PAUD: Dedikasi dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD

SAMPIT –  Adanya apresiasi nasional untuk para Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program ini memberikan penghargaan kepada para Bunda PAUD atas dedikasi mereka dalam mendukung Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang Menyenangkan. Dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kotawaringin Timur (Kotim) turut berpartisipasi

M Irfansyah, Pelaksana Tugas Kepala Disdik Kotim, menyampaikan, "Program ini merupakan kesempatan bagi para Bunda PAUD untuk menerima penghargaan atas komitmen mereka, terutama terhadap Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Mereka berperan penting dalam membina pendidikan anak usia dini, yang berusia antara 0 hingga 6 tahun."

Bunda PAUD adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada istri kepala pemerintahan atau kepala daerah, seperti gubernur, bupati, wali kota, camat, kepala desa, atau lurah. Selama suaminya menjabat, para Bunda PAUD memiliki tanggung jawab dalam mendukung pendidikan anak usia dini.

Irfansyah menjelaskan alur seleksi Calon Bunda PAUD penerima penghargaan, yang dimulai dengan usulan dari Dinas Pendidikan atau Pokja Bunda PAUD kepada Direktorat Jenderal PAUD Kemendikbud. Seleksi administrasi melibatkan evaluasi dokumen dan penilaian konten.

Selanjutnya, penilaian dilakukan oleh pihak internal dan eksternal Kemendikbud, dan Bunda PAUD terpilih akan diumumkan sebagai penerima penghargaan. "Peran Bunda PAUD sangat penting, mereka adalah mitra utama dalam gerakan nasional PAUD Berkualitas, dengan layanan holistik integratif di semua tingkatan pemerintahan," tambahnya.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments