Kotim

Kotim Siapkan Anggaran Hadapi Tiga Bencana

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) menghadapi tiga bencana sekaligus di tahun 2021. Pemerintah daerah mau tak mau menyiapkan anggaran untuk penanganan itu dangan menyediakan dana yang diperlukan. Sehingga pencegahan setidaknya dapat dilaksanakan dan bantuan dapat diberikan terhadap korban bencana seperti banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di 17 kecamatan di Kotim.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel mengatakan tiga bencana yang dihadapi itu adalah dua bencana alam dan satu non alam. Anggaran yang disiapkan dari Belanja Tak Terduga (BTT).

“Bencana alam itu, banjir yang terjadi dua tahap, lalu kebakaran hutan dan lahan, serta bencana non alam pandemi Covid-19,” kata Rihel, Selasa (26/10/2021). Ia menyebut, meski sering diguyur hujan namun di Kotim juga masih ditemui sejumlah titik panas di sejumlah Kecamatan. Tidak hanya itu, ada beberapa Kecamatan yang telah terjadi kebakaran hutan dan lahan, seperti Kecamatan di Baamang dan Mentawa Baru Ketapang (MBK). 

Sejak awal Januari 2021 sampai 1 Oktober 2021, terjadi 42 kali kebakaran hutan dan lahan, sementara untuk luasnya sekitar 48,38 hektare.  Selain itu, juga  ditemukan 13 titik panas, yang sekarang sudah bertambah menjadi 6 titik yaitu di Kecamatan Antang Kalang 1, Bukit Santuai 3 dan Mentaya Hulu 1. 

Sementara untuk pandemi Covid-19 saat ini di Kotim telah terjadi tren penurunan kasus terkonfirmasi dan jumlah pasien rawat. Sehingga membawa Kotim berada pada PPKM level 2. Sedangkan untuk wilayah yang terdampak banjir saat ini sudah tidak ada lagi,” tandasnya.

( Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments