Barut

KPU Barito Utara, Simulasikan  Pemungutan Dan Penghitungan Suara

MUARA TEWEH - Komisi Pemilihan umum Kabupaten Barito Utara, telah melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024. Kegiatan simulasi dengan mengundang ketua partai yang dilaksanakan di water front city, Rabu (31/1/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Barito Utara, Siska Dewi Lestari mengatakan, kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan ini adalah serangkaian kegiatan KPU. Hal ini kata dia, diberikan arahan untuk melaksanakan kegiatan simulasi pungut hitung suara. Kegiatan juga dilaksanakan seluruh Indonesia begitu juga dengan Barito Utara.

Namun lanjut dia, beberapa kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah sudah ada yang melaksanakan di tanggal 30 Januari kemarin.Tentunya terkait kegiatan simulasi pungut hitung ini yang diundang di sini juga selain dari forkopimda kemudian beberapa instansi terkait ada juga partai politik untuk bisa menyaksikan bersama-sama simulasi pungut hitung ini.

Siska Dewi Lestari menambahkan sebagai informasi simulasi pungut hitung ini memang Istilahnya bahasanya sebagai informasi bahwa TPS yang  dilakukan sebagai simulasi ini adalah TPS riil.

Adanya kegiatan simulasi ini tentunya sebagai acuan di tanggal 14 Februari. Jalannya pungut hitung ini nanti bisa jadi sebagai evaluasi bagi KPU.

"Jajaran sampai dengan tingkat KPPS dan juga kawan-kawan partai politik yang memiliki saksi di TPS bisa melihat secara bersama-sama kegiatan simulasi pungut hitung ini kalau ada hal-hal yang memang Perlu diperbaiki jadi bisa dilakukan perbaikan sebelum hari pemungutan suara," pungkasnya.

 

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments