P. Raya

Kuliah Umum Dan Bedah Buku Aldera Pius Lustrilanang

PALANGKA RAYA - Bertempat di Aula Palangka Raya Senin 20/2/2023 diselenggarakan Kuliah Umum Dan Bedah Buku Aldera oleh UPR Universitas Palangka Raya Wakil Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak Pemerintah Provinsi Kalteng, sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini sekaligus menyampaikan permohonan maaf Bapak Gubernur yang tidak bisa hadir pada kegiatan ini. Beliau mengatakan "baik sekali untuk pembelajaran dan pemahaman kita semua kepada adik adik Mahasiswa manfaatkan waktu ini sebaik mungkin, ketika ilmu ilmu ini bisa kita dapatkan dari manapun sumbernya, dari manapun bahannya, kedepannya Kalteng ini juga akan dipimpin oleh adik adik semua yang mempunyai semangat juang yang tinggi dan berkarya" Edy Pratowo.

Dalam wawancaranya dengan Wakil Gubernur Edy Pratowo,  mengapresiasi Universitas Palangka Raya (UPR) yang telah menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dan bedah buku Aldera, diantaranya tentang kiprah perjuangan dari Pius Lustrilanang ketika ia masih aktifitas di Tahun 1998, yaitu dalam rangka untuk menegakkan demokrasi secara terbuka, dan tranparan, tidak ada jarak. Dulu kebebasan itu dibatasi sekarang leluasa menyampaikan aspirasi,"sekarang bagaimana semangat para pencetus, para pelaku jaman reformasi itu harus dijaga, adik adik Mahasiswa sebagai generasi penerus agar tetap semangat, menyampaikan aspirasi dilandasi dengan kolaborasi, kebijakan yang dibuat berdasarkan suara, menyangkut kepentingan masyarakat untuk kemajuan Bangsa dan Negara,"ucap Edy.

Hadir Rektor Universitas Palangka Raya Salampak, saat membuka Rangkaian kegiatan kuliah umum dan bedah buku Aldera. Dalam kuliah umumnya Pius Lustrilanang memaparkan bahwa inti dari perjuangan Aldera",mengejar demokratisasi kalau disarikan lagi tujuan Aldera waktu itu adalah menumbangkan rezim otoriter dan menggantikannya dengan rezim Demokratis.

Panjang lebar dia menjelaskan kekuasaan Orde baru dimulai tahun 1966 dan berakhir pada tahun 1998 selama 32 tahun masa kekuasaan orde baru. Hadir dalam Kegiatan ini Dosen Fakultas Hukum UPR Mutia Evy Kristy, dan Dosen Fisip UPR Bhayu Rama selaku Narasumber,  moderator Fitria Husnatarina, kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalteng Muhammad Ali Asyhar, Sekda Kota Palangka  Raya Hera Nugrahayu, dan Rombongan Anggota VI BPK RI,  Tim Aldera serta Mahasiswa UPR.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments