Kalteng

Peluncuran Perdana Penarapan Identitas Kependudukan Digital Dilingkungan Pemkab Murung Raya

MURUNG RAYA - Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil atau dukcapil, kini telah meluncurkan program kependudukan digital. Penarapan identitas secara digitalisasi itu secara perdana dibuka dan diawali untuk para PNS lingkup Pemkab Mura. Acara tersebut berlangsung di halaman kantor disdukcapil setempat pada selasa 21 Februari 2023 kemarin. 

Acara dihadiri dan di buka secara langsung oleh Wakil Bupati Mura yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Mura, Staf Ahli Bupati Mura, Asisten Sekda dan Kepala  SKPD ruang lingkup Pemkab Mura.

Wakil bupati mura rejikinnor dalam pidatonya sangat berterima kasih dan mengapresiasi inovasi yang telah dilaksanakan disduk-capil. Karena dampak positifnya akan sangat dirasakan masyarakat. Untuk itu sangat perlu dilaksanakan dan dikembangkan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi terus dilakukan.

Terwujudnya penyalanggaraan pelayanan administrasi kependudukan yang baik,amanah,cepat dan valid telah menjadi fokus kita bersama  dengan hadirnya identitas kependudukan digital.

Semantara itu dalam laporan kepala Disdukcapil Regita Sp.Mm mengatakan,bahwa penerapan identitas kependudukan digital ini bertujuan  untuk mengikuti penerapan teknologi informasi. Mengenai digitalisasi kependudukan, mempermudah dan memper-cepat transaksi pelayanan publik atau private dalam bentuk digital dan mengamankan kepemilikan identitas kependudukan digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data. 

Lebih lanjut regita menginformasikan bahwa penarapan identitas kependudukan digital ini akan melalui tiga tahapan yaitu, tahap pertama  dilakukan untuk pegawai di lingkungan disdukcapil, Tahapan kedua untuk ruang lingkup Pemkab Mura, tahap ketiga Untuk seluruh masyarakat indonesia khususnya kabupaten murung raya yang telah memiliki KTP- elektronik atau yang pernah melakukan  perekaman biometrik.

 

(Rahmadi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments