P. Raya

Kuwu Senilawati  Minta Pemda Pastikan Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati meminta pemda di Kalteng dapat memastikan kesiapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Sebab, suksesnya pelaksanaan pemilu itu juga mejadi tanggung jawab pemda.

Ia mengatakan, pemda harus benar-benar bisa memastikan berbagai kesiapan, mulai dari kesiapan teknis dan mekanisme penyelenggaraan pemilu, kesiapan panitia pelaksana pemilu di setiap daerah, kesiapan pengawasan, keamanan dan pengamanan pemilu, termasuk pula kesiapan anggaran pelaksanaan Pemilu 2024 nanti.

"Pemilu kali ini merupakan pertama kalinya pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara serentak. Maka dari itu kesiapannya harus diperhatikan, khususnya terkait anggaran. Karena setiap daerah memiliki besaran yang berbeda, sesuai hasil pembahasan dan kesepakatan yang dibuat bersama," ucapnya, Kamis 30 Maret 2023.

Diungkapkannya, untuk mengetahui kesiapan pemilu tersebut khususnya terkait kesiapan anggaran, sebelumnya Komisi I DPRD Kalteng pun telah melaksanakan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan dan Bank Kalteng Cabang Pembantu Patas.

Di sisi lain, untuk menindak lanjuti kesiapan anggaran pemilu 2024 pihaknya juga telah membuat peraturan daerah (perda). Di mana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bersama KPU Kalteng telah menyepakati anggaran pemilu 2024 yang cukup besar, yakni  Rp180 miliar.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments