P. Raya

Laporan Inspektorat Provinsi Kalteng dan Kinerja APIP

PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi Aparat Pengawasan  Internal Pemerintahan (APIP) se-KAlteng di laksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, di Aula Eka Hapakat, Kamis (9/11/2023).

Sambutan Gubernur Provinsi Kalteng yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalteng Edy Pratowo menyampaikan apresiasinya atas kehadiran seluruh Inspektur Daerah di Kalteng, baik Inspektur Provinsi maupun Inspektur Kabupaten/Kota beserta jajarannya.

Berharap momen ini dapat kita manfaatkan sebesar-besarnya, dalam berkoordinasi guna mendapatkan saran dan masukan dalam mempertahankan kinerja yang telah berjalan baik, dan memperbaiki hal-hal yang dirasa masih kurang.

"Sebagaimana kita tahu bersama, bahwa APIP memiliki peran yang sangat penting dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, dan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada acara Rakornas Pengawasan Internal Pemerintah Tahun 2023, pada awal tahun yang lalu pun menegaskan pentingnya peran pengawasan dalam penggunaan anggaran, baik APBN maupun APBD.  Anggaran negara maupun daerah tersebut diharapkan dapat digunakan secara produktif, sebagai salah satu langkah mencapai Indonesia Emas 2045,” ujar Wagub..

Sementara itu, Inspektur Daerah Provinsi  Kalteng Saring menyampaikan, pada tahun 2021 Inspektorat Provinsi Kalteng telah membangun sebuah portal Sistem Informasi Pengawasan dan Tindak Lanjut (e-Sipasti). 

"Aplikasi tersebut selain untuk mempermudah penyampaian Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Inspektorat, juga menyediakan media sarana pengaduan masyarakat seperti Whistleblowing System yang telah dibangun pada tahun 2022 dan disosialisasikan," jelasnya. 

Saring menambahkan, Level Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Pemprov. Kalteng berada pada level 3 dengan nilai 3,058, meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 3,012.

"Sedangkan Level Kapabilitas APIP, Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng berada pada Kapabilitas APIP Level 3. Beberapa upaya yang telah dilakukan dalam peningkatan kapabilitas, antara lain dengan melakukan kompetensi SDM APIP melalui Diklat/Bimtek/Workshop, dan pelaksanaan Telahaan Sejawat Eksternal (TSE)," pungkasnya.

Kegiatan di hadiri oleh, Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK-Rl, Bapak Irjen Pol Didik Agung Widjanarko, Direktur Wilayah III KPK-RI, Bapak Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama beserta rombongan, Inspektur Daerah Provinsi Kalteng, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalteng Auditor Utama Inspektorat Provinsi Kalteng; Seluruh Inspektur Daerah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah beserta jajarannya; Seluruh Pejabat Struktural dan Fungsiona pada Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments