Kotim

Launching Aplikasi Sipimakai, Menjadi Solusi Excavator Yang Sudah Diserahkan 

SAMPIT - Aplikasi Sipimakai (Sistem Pinjam Pakai) excavator resmi di launching oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bertempat di rumah jabatan Bupati Kotim

"Launching ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan berbagai pihak mau diapakan excavator yang sudah diserahkan beberapa waktu lalu tersebut," kata Kepala Distan Sepnita. Jumat, 7 Oktober 2022

Sepnita menambahkan, penyerahan excavator tersebut sudah dilakukan sejak 26 Juli 2022, namun masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Antara lain pemeriksaan tahap kedua oleh PT. Trakindo apabila alat sudah sampai di lokasi, harus ada pelatihan operator, dan adanya payung hukum agar pengelolaan pemanfaatan excavator berjalan sesuai harapan. 

"Memang pada bulan maret 2022 sudah diterbitkan peraturan Bupati nomor 6 tahun 2022 tentang pengelolaan pemanfaatan excavator pada Dinas Pertanian Kabupaten Kotim, namun dalam perjalanannya terdapat beberapa kendala," ucapnya. 

Sepnita menambahkan, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Distan di lapangan yaitu adanya benturan masalah penggunaan, dimana semua merasa lebih berhak untuk menggunakan excavator tersebut.

"Ini menjadi pemikiran kami, sehingga ada beberapa peraturan Bupati yang ada kita revisi dan sudah kita bahas bersama baik dengan bagian hukum maupun biro hukum beberapa waktu lalu," tambahnya.

Setelah itu  pihaknya melengkapi peraturan Bupati dengan aplikasi Sipimakai yang memiliki manfaat, karena menurut dirinya dari sisi permohonan sudah dapat ditentukan urutan-urutan peminjam.

"Pihak pengelola alat dalam hal ini dilakukan oleh Balai penyuluhan pertanian maupun pihak Kecamatan. Apabila tidak ada BPP nya dapat melakukan pengelolaan alat secara efektif, serta kami dari Distan dapat memantau kinerja alat secara langsung,” jelasnya.

Perlu diketahui, pembuatan aplikasi Sipimakai ini dilakukan oleh Tim IT Distan sendiri,

"Kami melakukan uji coba aplikasi untuk seluruh BPP, sosialisasi Perbup dan teknik penggunaan aplikasi pada semua kecamatan serta pelatihan admin BPP dan Kecamatan. Sehingga pada hari ini kami dapat melakukan launching aplikasi Sipimakai," Akhirnya.

(Putri/Humabetang)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments