P. Raya

Leonard S. Ampung Pantau Pangan di Pasar Besar Kota Palangka Raya Jelang Hari Raya Iduladha 1443 H/2022 M

Palangka Raya - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Leonard S. Ampung pimpin Pemantauan Pangan di Pasar Besar Kota Palangka Raya menjelang  Hari Raya Iduladha 1443 H/2022 M.

“Kita melakukan pemantauan harga di pasar besar bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Prov. Kalteng dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan melihat perkembangan menjelang Hari Raya Iduladha 1443 H”, tutur Leonard S. Ampung disela-sela peninjauan, Jumat 8 Juli 2022.

Leonard S. Ampung mengatakan berdasarkan pemantauan di lapangan ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan signifikan seperti bawang merah yang hampir naik 50 persen yang semula Rp. 35 ribu menjadi Rp. 70 ribu per/kg.

Dijelaskan bahwa, untuk harga daging ayam masih normal. Sementara untuk daging sapi turut mengalami kenaikan hingga Rp. 160 ribu sampai Rp. 170 ribu per/kg. Hal ini disebabkan karena pasokan yang terbatas dan distribusi yang terhambat seperti masalah administrasi.

“Untuk masalah administrasi dicoba untuk melakukan komunikasi kembali dengan Dinas TPHP provinsi bagaimana agar bisa dipercepat. Karena kita menjaga dan melindungi Kalteng dari penyebaran yang masif terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Itu yang kita buat regulasi yang harus disiapkan oleh pemasok dari luar ke Kalteng”, jelas Leonard S. Ampung. Lebih lanjut dijelaskan, terkait naik dan turunnya harga tergantung dari pasokan dan distribusi.

Leo mengungkapkan bahwa Pemprov Kalteng melalui instansi terkait terus berupaya untuk mengembangkan kemandirian pangan, setidaknya bisa untuk memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Untuk mengatasi permasalahan kenaikan harga jelang Hari Raya Iduladha, Pemprov Kalteng melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pangan murah dan pasar penyeimbang dari Disdagperin. Kita berharap dengan adanya ini bisa membantu masyarakat”, tandasnya.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments