Nasional

Lestari Keroncong “Jonggrang “Jogja

JOGJAKARTA - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun, Jongrang Community Jogjakarta, memeriahkannya dengan menggelar acara bertajuk jonggrang merdeka. Komunitas ini konsen melestarikan seni budaya, lagu dan  musik keroncong Indonesia. 

Beginilah keseruan suasana saat para peserta acara jongrang merdeka berkumpul bersama, memperingati kemerdekaan RI ke 78 tahun. tampak anggota yang hadir menggenakan busana bertemakan kemerdekaan dan juga adat nusantara. silih berganti anggota ini menampilkan kepiawaiannnya bernyanyi keroncong, musik dan lagu keroncong yang disajikan oleh komunitas jongrang ini, merupakan keroncong inovatif, ekspresif dan kreatif baik dalam musik, arransement, beat, serta penyampaiannya, namun tidak  meninggalkan pakeem aslinya.

Demikian penuturan ketua umum komunitas keroncong jongrang, Lili Hartanto, perkumpulan yang beranggotakan para pencinta seni keroncong ini terbilang tidak muda lagi namun tetap bersemangat berekspresi dan berkarya.

Acara yang di gelar di Ubud resto, yang berlokasi dekat dengan Candi Prambanan ini, dipilih karena tempat ini menawarkan suasana yang berbeda. Sepanjang mata memandang, hamparan sawah terlihat hijau, dan tampak pula  dari kejauhan gagahnya candi prambanan, sembari para tamu menikmati acara demi acara yang di tampilkan. Menurut Owner Ubud Resto Leisure Fernando, sudah tepat komunitas keroncong jongrang ini, memilih Ubud sebagai gelaran acara, karena mereka menawarkan resto dan konsep yang berbeda dari wadah lainnya. sembari menikmati aneka menu makanan yang memanjakan lidah, didukung nuansa alam sekitar yang masih asri, hawa yang sejuk, dan tempat bersantai yang eksotik memadukan nuansa bali, jawa, kalimantan dalam satu kolaborasi apik.

Memperingati Hari Kemerdekaan, dengan menggelar pertunjukan Budaya asli Indonesia, keroncong, mengingatkan kembali, lagu lagu yang di nyanyikan saat Indonesia merebut dan memperjuangkan lahirnya Negara ini, mengisi kemerdekaan salah satunya seperti yang di lakukan oleh komunitas keroncong jonggrang Jogjakarta ini, melestarikan dan menjadi bagian dari budaya menurunkannya kepada generasi ke generasi.

 

(Olivia Teja)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments