Nasional

Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar Di Jogjakarta

JOGJAKARTA - Dalam rangka  meningkatkan apresiasi terhadap seni puisi, dan mendorong minat, serta mengembangkan bakat dan minat  generasi muda saat ini,untuk mencintai Karya Satra Indonesia, melalui puisi, shira media berkolaborasi dengan pasar literasi menggelar kegiatan lomba baca puisi,tingkat sekolah dasar , usia 7 – 12 tahun, dan tingkat remaja usia  13 hingga 18 tahun, pada jumat 5 juli 2024, di  Atrium  Ground Floor  Transmart, Maguwo Jogjakarta .

Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra, yang memiliki nilai estetika tinggi, dan mampu menyampaikan pesan pesan yang mendalam. Membaca puisi membutuhkan pemahaman,dan mengolah rasa, sehingga paham maksud dari syair, bait dalam sebuah karya. Demikian juga gaya membaca puisi dapat dilakukan melalui beberapa cara, dititik beratkan kepada penafsiran makna, meliputi gaya teatrikal, deklamasi, hingga tekstual.

Salah satu bentuk apresiasi terhadap karya dan seni membaca puisi inilah yang menggugah para pencinta, pelaku dan penggiat seni ini,penerbit buku  shira media grup,. Bersama pasar literasi menggelar kegiatan lomba membaca puisi, tingkat anak anak dan remaja, yang diikuti perwakilan sekolah. Shira media grup sendiri, berdiri di jogjakarta,  sudah menerbitkan lebih ratusan buku dengan berbagai kategori, baik fiksi, nonfiksi, ataupun buku terjemahan. Selain menyalurkan bakat dan talenta anak, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan rasa cinta membaca buku.

Tampak puluhan anak dan remaja, juga para orang tua,  berkumpul di sekitar pasar literasi, melihat hingga membeli berbagai buku bacaan, sembari menikmati tampilan para peserta.  Dewan juri lomba, dari akademisi dan pelaku  seni.  Berikut adalah beberapa kriteria penilaian lomba baca puisi diantaranya, penghayatan,ekspresi atau penjiwaan, gerakan  meliputi mimik, ,serta pantomimik, penafsiran,vokal,penampilan peserta membawakan 1 puisi wajib dan satu puisi pilihan.

Salah seorang dewan juri menyampaikan sambutannnya terkait agenda kegiatan hari ini.dan sangat mengapresisi kegiatan lomba membaca puisi.dirinya berharap setelah peserta mengikuti lomba membaca puisi maka para peserta meningkatkan diri untuk belajar menulis puisi.

Terkait kegiatan tersebut, Rizka,salah seorang panitia event yang juga perwakilan dari penerbit shira media grup,  saat ditemui di sela sela acara lomba, mengatakan acara seperti ini diadakan salah satunya untuk merawat dan mensosialisasi pasar literasi, menumbuhkan minat baca , mendekatkan diri pada pembaca, bahwa penerbit shira media ada dan tetap eksis hingga saat ini.

Setelah dewan juri rapat dan memutuskan 3 pemenang terbaik  lomba membaca puisi, tingkat  anak anak dan remaja, masing masing mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, sertifikat dan voucer belanja. Moment libur sekolah yang di isi dengan kegiatan lomba seperti ini, sangat bermanfaat, untuk mengasah keberanian anak tampil di depan umum, berekspresi, mengembangkan bakat dan minatnya lebih lagi, tentu saja dukungan orang tua.

(Olivia Teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments