P. Raya

MPLS Serentak Se-Kalteng Dalam Kegiatan Pengenalan Sekolah

PALANGKA RAYA - Komitmennya Untuk Terus Melakukan Perbaikan Dalam Program Pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam Kegiatan pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) serentak se-Kalteng Tahun Ajaran 2024/2025 secara daring, Senin (8/7/2024).

Dalam sambutannya Gubernur H. Sugianto Sabran menekankan pentingnya peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan di seluruh sekolah di Kalimantan Tengah. Gubernur berkomitmen untuk meningkatkan sarpras di seluruh sekolah di Kalimantan Tengah, termasuk menyediakan AC di setiap kelas agar anak-anak kita bisa belajar dengan nyaman.

Gubernur Kalteng juga, mengapresiasi keberhasilan SMA/SMK/SLB di Kalimantan Tengah yang berhasil mencapai tingkat kelulusan 100% tahun ini. “Syukur alhamdulillah, kita perlu bersyukur. Terima kasih kepada kepala sekolah, para guru, dan tentunya kepada anak-anak yang terus semangat,"Ucap Gubernur.

Gubernur Sugianto juga menyatakan keprihatinannya terhadap anak-anak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah karena masalah ekonomi. Saya minta jangan sampai ada yang tidak kuliah karena ekonomi.

“Nanti silakan berhubungan dengan Pak Kadisdik. Kami usahakan untuk menjamin biaya kuliah sampai selesai bagi anak-anak yang tidak mampu," tegasnya.

Gubernur menekankan pentingnya pendidikan bagi anak perempuan di Kalimantan Tengah. “Anak-anak gadis kita harus berkuliah, karena di masa depan tidak ada lagi sumber daya alam yang melimpah jika tidak dikelola dengan teknologi. Saya ingin anak-anak Kalimantan Tengah bisa bersaing secara nasional dan internasional," tuturnya.

Gubernur juga mengingatkan pentingnya mencegah pernikahan dini yang dapat mengakibatkan stunting. Ia minta kepada kepala sekolah dan guru-guru untuk menyampaikan kepada orang tua agar memberi ruang kepada anak-anak mereka untuk berkuliah dan menghindari pernikahan dini.

Ia berharap, meminta doa dan dukungan agar program-program pendidikan dan sosial yang telah dijalankan dapat berjalan dengan baik hingga akhir masa jabatannya. "Doakan Gubernur berikutnya nanti bisa melanjutkan program yang sudah ada, bahkan memperbaiki dunia pendidikan dan program lainnya seperti bantuan sosial," ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kadisdik Kalteng Muhammad Reza Prabowo menyatakan dukungannya terhadap program-program yang dicanangkan oleh Gubernur. Kami di Dinas Pendidikan siap mendukung penuh program-program dari Bapak Gubernur untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Tengah. Beasiswa dan program Tabungan Beasiswa (TABE) Berkah akan terus kami lanjutkan untuk membantu siswa-siswa yang membutuhkan," ucap Reza.

Pihaknya juga akan meningkatkan pelatihan bagi para guru untuk memastikan mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk mendidik siswa dengan baik. Dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi, pihaknya optimis kualitas pendidikan di Kalimantan Tengah akan terus meningkat.


(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments