P. Raya

Lomba Seni Tari Tradisional Daerah Dayak Kalimantan Tengah.

PALANGKA RAYA - Lomba seni  tari tradisional daerah dayak Kalimantan Tengah Dalam Rangka HUT Dayak TV Ke - 5 yang bertempat  di UPT Taman Budaya Propinsi Kalimantan Tengah Jl. Temangung Tilung, Palangka Raya Kalimantan Tengah

Dengan Tema seni Tari Deskripsi  musik TOH IYE JE bahalap Konsep musik eksternal konsep tradisional Dayak Kalimantan Tengah,  di ikuti Dua Belas peserta (12) lomba seni Tari.

Dengan konsep tari bercerita dengan suasana bahagia,  penari bersama - sama berteriak mengucapkan kata "Toooh Iye"  bertemakan menggambarkan suasana Pedesaan Masyarakat Dayak.  Acara di Buka secara Resmi oleh Bapak Rahmadi selaku Direktur utama Dayak TV dan Di temani UPT Taman Budaya Bapak Suraji, Pada acara tersebut semoga kesenian kebudayaan dayak Kalimantan Tengah berkembang dikenal masyarakat luas dan luar daerah. Adanya lomba seni tari daerah supaya kesenian dayak tidak punah dan menjadi perhatian pemerintah daerah agar berkembang.  

Sedangkan kategori penilaian itu sendiri dari segi tarian yaitu Wirasa, Wirama, Wirupa dan kesesuaian tema yang dibawakan harus menjiwai sehingga sebuah tarian menjadi Hidup. Pada lomba ini Juara 1 dari sanggar Kahanjak Huang,  juara 2 sanggar Hagatang Tarung,  Juara 3  dari sanggar Darung Tiang,  dan juara Harapan dari 1 USBM Palangka Raya. 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments