P. Raya

Rumah Sakit Bhayangkara Beri Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Terpencil  

Rumah Sakit Bhayangkara  - Guna membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Kota Palangka Raya, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya memberikan Pelayanan Kesehatan (Yankes) gratis bagi warga bertempat di Jalan Pantai Cemara Labat atau sering disebut kawasan Pahandut Seberang kota Palangka Raya, Rabu (28 September 2022) pagi.

Melalui Tim Kesehatan Mobile (Kesmob), Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya memberikan pelayanan kesehatan dasar yakni konsultasi dokter, pemeriksaan tensi, pemeriksaan timbang BB dan TB pada anak balita usia 1 sampai 13 tahun, pelayanan KB, pelayanan Gizi, pemberian obat-obatan dan penyuluhan tentang pencegahan stunting pada Ibu hamil maupun balita yang kesemuanya diberikan secara gratis.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto melalui Ketua Tim Kesmob Pengatur Tk I Iko Ariyati, AMd.Keb., menerangkan bahwa kegiatan ini disambut antusiasme warga dan kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagi salah satu upaya pencegahan stunting.

“Pada layanan ini, Kami juga membagikan susu formula kepada balita usia 1 sampai 3 tahun sebagai nutrisi tambahan untuk mendukung kebutuhan vitamin dan mineral, terang Iko.

Ia juga mengatakan, pemerintah saat ini tengah gencar melaksanakan program pencegahan stunting, yakni kondisi dimana tinggi badan anak jauh lebih pendek dibanding tinggi badan orang seusianya.

Penyebab utamanya adalah kekurangan gizi kronis sejak anak dalam kandungan hingga masa awal anak lahir. Dengan berkurangnya kasus stunting, diharapkan anak-anak akan tumbuh menjadi sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan kuat dan menjadi generasi premium. Karena itu, Iko mengajak peran semua pihak, baik di lingkungan keluarga dan masyarakat setempat dalam penanganan stunting. 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments