Kotim

Mahasiswa KKN UPR Turut Ambil Bagian Dalam Musyawarah Masyarakat Desa Lampuyang

SAMPIT - Mahasiswa KKN Universitas Palangka Raya kelompok 59, mengikuti musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Lampuyang kecamatan Teluk Sampit/ kabupaten Kotawaringin timur, untuk membahasan permasalahan kesehatan di desa Lampuyang, yang dilaksanakan di balai desa pada, Kamis 4 Agustus 2022.

Musyawarah masyarakat desa, atau (MMD) merupakan salah satu upaya tenaga kesehatan dalam memecahkan permasalahan, terutama permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan di desa Lampuyang.

Dalam kegiatan musyawarah masyarakat Desa tersebut, menghasilkan 4 prioritas masalah, di antaranya pembuatan kartu BPJS yang akan di bantu oleh pihak desa, penyediaan transportasi untuk membatu ibu hamil yang ingin bersalin, pembuatan tempat sampat husus, dan juga pembuatan jamban sehat.

Dari hasil kesepakatan tersebut kemudian ditandatangani oleh perwakilan desa, ketua RT/Rw, ibu PKK, perwakilan dinas kesehatan dan juga tandatangan dari perwakilan mahasiswa KKN.

Saat ditemui usai kegiatan musyawarah, Emy tenaga kesehatan puskesdes mengatakan, kegiatan musyawarah ini merupakan agenda tahunan. Permasalah yang dibawa dalam musyawarah merupakan hasil dari sampel yang telah di himpun, untuk kemudian dicarikan solusinya bersama-sama.

Di tempat yang sama Rahcmad sekertaris desa mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung upaya yang dilakukan tenaga kesehatan di pusat kesehatan desa atau (puskesdes), terutama untuk memecahkan persoalan pelayanan kesehatan masyarakat desa Lampuyang.

Selain itu sekdes juga berharap dengan adanya mahasiswa UPR yang sedang KKN di desa Lampuyang dapat membantu tenaga kesehatan dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat Lampuyang,

Hal senada juga disampaikan Fardoari Reketno, ketua kelompok 59 yang mengatakan  kesehatan merupakan salah satu hal yang pokok dalam menunjang sumber daya manusia/ sehingga keterlibatan mahasiswa KKN dalam diskusi, merupakan momen untuk memberikan pandangan solusi bahkan tenaga selama pengabdian di desa Lampuyang kecamatan Teluk Sampit.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments