P. Raya

Malam Penutupan Apresiasi Bunda PAUD Tahun 2023

PALANGKA RAYA - Penutupan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Selasa Malam (29/8/2023).

Dalam Sambutannya Ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalteng Nunu  Andriani,  mengatakan  Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan fondasi utama untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas unggul. Usia dini adalah masa emas tumbuhan kembang anak, baik sisi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Keberhasilan pengembangan pendidikan anak usia dini tentunya tidak akan lepas dari peran aktif para Bunda PAUD.  

Sebagai mitra strategis pemerintah, kehadiran Bunda PAUD di setiap tingkatan wilayah sangatlah penting. Bunda PAUD merupakan motor penggerak, motivator, dan fasilitator dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, untuk memacu terciptanya lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini, sehingga Transisi PAUD ke SD Menyenangkan bisa terwujud, Ucap Nunu."

Bunda PAUD juga berperan strategis untuk menggerakkan segenap sumber daya jajaran PAUD di wilayahnya, untuk mendorong hadirnya layanan PAUD Holistik Integratif, yang mencakup perawatan dan pengasuhan, kesehatan dan gizi, pendidikan, perlindungan, dan kesejahteraan anak usia dini.

Layanan PAUD Holistik Integratif ini menjadi salah satu bagian penting dalam mendukung upaya penurunan stunting,  dengan mengedukasi masyarakat mengenai pola asuh dan pemenuhan gizi anak. Layanan PAUD diharapkan mampu membantu pertumbuhan jasmani dan rohani anak sejak lahir sampai usia 6 tahun dapat berkembang optimal dan siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Oleh karena itu, menjadi harapan kita bersama, para Bunda PAUD dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai pihak terkait lainnya. Mari kita bersama-sama memajukan akses dan kualitas layanan PAUD, demi mewujudkan layanan PAUD berkualitas, merata, dan berkeadilan di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya

Untuk memajukan kualitas pelayanan PAUD, dalam rangka membangun Generasi Emas Kalimantan Tengah yang sehat, unggul, dan berakhlakul karimah, demi mewujudkan KALTENG MAKIN BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis) untuk Indonesia Maju.

Sementara  itu Plt Direktur PAUD Kemenristek RI Komalasari, dalam sambutannya sekaligus menutup acara menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini semakin menguatkan ekosistem PAUD di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah, untuk meningkatkan angka partisipasi siswa agar bisa masuk PAUD, meningkatkan jumlah persentase PAUD yang terakreditasi dan meningkatkan jumlah guru-guru yang memenuhi kualifikasi S1.

“Pesan saya, mari kita bersama-sama terus menguatkan ekosistem Pendidikan Anak Usia Dini, menuju gerakan menuju transisi PAUD ke SD yang menyenangkan” ucapnya.

Kegiatan dihadiri oleh, Bunda PAUD Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, KetuanPojka Bunda PAUD Provinsi Kalteng Nunu Andriani, Asisten Ekbang Sri Widanarni, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi  Kalteng Anita Nuryakin, Plt. Kadisdik Provinsi Kalteng Eka Aprilianty, sejumlah Kepala Perangat Daerah Provinsi Kalteng, Bunda PAUD Kabupaten/Kota Se-Kalteng, serta Pengurus Pokja Bunda PAUD.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments