P. Raya

Pagelaran Seni Budaya Dengan ' Gempita Semangat Merah Putih"

PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng , Melalui UPT Taman Budaya Gelar Seni Budaya Kalimantan Tengah. Dengan Tema " Gempita Semangat Merah putih." Kegiatan dilaksanakan di panggung Theater UPT Taman Budaya, Jl. Temanggung Tilung XIII, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Rabu Malam  (30/8/2023).

Sambutan Gubernur Provinsi Kalteng yang mewakili Staf Ahli Gubernur Bidang kemasyarakatan dan SDM, sekaligus membuka secara resmi mengatakan, seni merupakan bagian dari budaya sebagai identitas suatu bangsa. Maka sudah menjadi tanggung jawab kita  bersama baik dari pemerintah stakeholders dan masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan seni bangsa kita khususnya seni pertunjukkan.

" Dimana kegiatan ini sebagai perwujudan cipta dari karya para seniman daerah yang dilandasi nilai luhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila, yang bercorak Bhineka Tunggal Ika serta berwawasan Nusantara,” Ucap Suhaemi.

Dalam rangka mempertahankan eksistensi kebudayaan bangsa dibutuhkan peran serta dari semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat terlebih lagi para penggiat seni dan budaya. Pemerintah Provinsi Kalteng sendiri terus berupaya dengan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah yang merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional.

Oleh karena itu, menjadi harapan kita bersama dengan diselenggarakannya kegiatan ini mampu menggugah dan memberi dorongan bagi para pengelola sanggar untuk lebih giat membangun dan meningkatkan kreatifitas seni budaya Kalteng, dalam rangka menarik para wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kalteng yang kita cintai ini.

Ia berharap kegiatan ini menjadi sarana yang dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utamanya.

Kegiatan Di Hadiri oleh Staf Ahli Gubernur Provinsi Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang mewakili, Kepala UPT Taman Budaya Wildae D.Binti, Kepala Daerah Lingkup Provinsi Kalteng, Para pelaku seni dan budaya dan Sanggar sangar seni yang ada di Palangka raya.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments