Barsel

Mall Pelayanan Publik Ditargetkan Beroperasi 2024

BUNTOK – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP) Barito Selatan, Ripaltha, saat dikonfirmasi via ponsel, Minggu 19 Maret 2023 menyampaikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), menargetkan Mall Pelayanan Publik akan beroperasi pada 2024 mendatang.

Dikatakannya, pada 2023 ini pihaknya melakukan renovasi dan rehabilitasi gedung di bekas kantor DPMPTSP yang lama untuk dijadikan tempat mall pelayanan publik tersebut.

Adapun tujuan Mall Pelayanan Publik (MPP) ini untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Selain itu, untuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia dengan prinsip keterpaduan, berdayaguna, koordinasi, akuntabilitas, aksebilitas dan Kenyamanan.

Disamping mempersiapkan bangunan, pihaknya juga sedang menyusun regulasi yang digunakan sebagai dasar aturan operasionalnya.

Setelah bangunan gedung dan sarana serta prasarananya tersedia, pihaknya akan me-lakukan konsultasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) dalam rangka persetujuan operasionalnya.

“Sebab grand desain dan layout, serta persetujuan penyelenggaraan MPP nantinya harus dari Kemenpan dan RB,” terangnya.

Apabila sudah disetujui, pihaknya akan mengundang seluruh instansi vertikal maupun Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lainnya untuk melakukan rapat koordina-si guna menentukan penempatan ruang pelayanan dan jenis pelayanan apa saja yang akan disediakan di MPP nantinya.

“Jika ruangannya mencukupi, minimal sekitar 20 instansi pemerintah, baik yang horizontal maupun vertikal bisa menempati MPP tersebut,” jelas Ripaltha.
 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments