Barsel

Pemkab Barsel Terima UHC Award Untuk Kedua kalinya

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel Kembali meraih UHC Awards untuk kali kedua. Capaian itu berkat  cakupan kepesertaan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) per Maret 2023 yang mencapai lebih dari 95 persen.  

UHC Awards pertama kali didapat Pemkab Barsel pada 2018. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian kepada Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana, saat berada di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Achmad Zainuddin mengatakan, pada tahun mendatang, kepesertaan JKN-KIS di Barsel ditargetkan mencapai 98 persen. “Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota adalah mendorong target RPJMN. Target tersebut yaitu 98% penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah maka RPJMN tersebut akan dapat tercapai,” jelasnya.

Dalam memberikan layanan bagi peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Barito Selatan, terdapat 17 FKTP, 1 Optik dan 1 FKRTL yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan akan terus diperluas untuk meningkatkan akses peserta dalam pelayanan kesehatan. “Bertambahnya cakupan kepesertaan juga terus kita iringi dengan upaya peningkatan kualitas layanan. Hal tersebut sesuai dengan fokus utama tahun ini untuk bisa mewujudkan transformasi mutu layanan agar kemudahan dan kepastian layanan program JKN-KIS dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Barsel.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments