Seruyan

Mitigasi Bencana Sebagai Antisipasi Terhadap Bencana Alam

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta pemerintah daerah dan masyarakat agar selalu siaga dalam menghadapi bencana alam. Pihaknya juga meminta pada pihak yang terkait, agar bisa melakukan upaya mitigasi bencana alam.

Ketua DPRD seruyan Zuli Eko Prasetyo menyampaikan bahwa kesiapan dalam mengahadapi bencana alam harus selalu dilakukan terlebih saat ini sedang memasuki musim kemarau yang diperkirakan akan Panjang. Hendaknya semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah bisa berkerja sama dalam upaya pencegahan bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“ Melihat kondisi saat ini memang harus ada tindakan atau upaya dalam mencegah terjadinya Karhutla. Berdasarkan informasi yang kami dapat diperkirakan bahwa tahun ini akan terjadi kemarau panjang, yang biasanya akan menimbulkan banyak kebakaran hutan dan lahan. Oleh karena itu kita harus waspada,” Katanya Selasa 8/8/2023.

Dengan melakukan mitigasi bencana akan lebih baik dalam upaya pencegahan bencana untuk kedepanya, sehingga ada perencanaan yang matang dan perkiraaan daerah rawan terjadi bencana bisa selalu terpantau agar musibah Karhutla bisa dicegah.

Pihaknya meminta dalam upaya pencegahan harus dilakukan secara bersama oleh segenap lapisan masyarakat, dengan memberikan edukasi dan sosialisasi yang rutin sehingga ada kerja sama yang baik, dalam upaya pencegahan bencana alam tersebut.

“ Dengan adanya kajian terhadapa bencana yang diperkirakan pastinya kita akan memiliki benteng atau upaya dalam pencegahan. Hal ini sangat perlu dilakukan sebab denga upaya pencegahan akan lebih baik dari pada mengatasi kebakaran yang sudah terhadi, dengan mempersiapkan solusi dan penanganannya yang tepat tentunya bisa mengurangi atau mencegah bencana karhutla terjadi di wilayah kita ini,” Jelasnya.

 

(Giya)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments