P. Raya

Mix Olah Raga Dan Seni Tari LINE Dance

PALANGKA RAYA - Line dance merupakan perpaduan olah raga dan seni tari, yang populer adalah dansa sebaris. Line dance olah raga berkelompok, penyajiannya dilakukan dengan membentuk baris dan dilakukan serentak bersamaan diiringi dengan irama tertentu. Musik pengiring pun bervariasi, bahkan lagu daerah yang ada di Indonesia bisa menjadi alternatif pilihan.

Dari puluhan penampilyang berpartisipasi dalam memeriahkan Festival Hari Tari Sedunia , dengan tajuk World Dance Day Palangkaraya menari 2023, Harmoni keberagaman yang digelar pada 29 april 2023 kemarin di halaman parkir ,Taman tunggal sangumang Palangkaraya, tampak line dance ikut unjuk penampilan. Belasan wanita yang terdiri dari ibu-ibu ini penuh semangat dan ceria saat perform. Acara ini sendiri digawangi sanggar Balanga Tingang Palangkaraya.

Stilah line dance mungkin masih belum familiar di telinga banyak orang. Bisa dibilang line dance, adalah olahraga dengan sentuhan koreografi gerakan tari. Line dance mulai dikenal di Amerika pada tahun 1800an dimana para penarinya menari bersama dalam bentuk barisan dengan diiringi musik country, pada waktu itu.

Belakangan ini line dance berevolusi dan tidak hanya memakai lagu-lagu country saja. Hampir semua jenis musik bisa dikombinasikan dengan gerakan line dance.Gerakannya juga makin beragam dan mengombinasikan berbagai gerakan dansa, dipadukan dengan seni dan gerak tari Iainnnya tanpa meninggalkan pakem dasarnya. line dance memang sangat bagus. Gerakannya tak seberat olah raga Iain. Salah satu manfaatnya dapat membantu mencegah osteoporosis, menjaga kebugaran, bersosialisasi.

Selain itu gerakan yang beragam juga membantu melawan kepikunan, peserta dipaksa mengingat gerakan , dan menyesuaikan dengan ketukan, irama musik yang mengiringinya.

Di Indonesia pun memiliki banyak tarian dan lagu tradisional, sehingga banyak gerakan line dance yang dikombinasikan dengan lagu-lagu Indonesia. Bahkan lagu-lagu daerah. Perpaduan yg harmoni berpadu dalam musik,olah rasa dan olah raga.

(Olivia teja)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments