Katingan

Muhamad Efendy Ajak Masyarakat Jaga Kabupaten Katingan dari Ancaman Kebakaran Hutan

KATINGAN -- Adanya ajakan pada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kabupaten Katingan agar terhindar dari ancaman asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Efendy menyoroti peran penting personil BPBD, TNI-POLRI, MPA, Damkar Satpol PP, dan relawan dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan. Hal tersebut dikemukakan oleh salah satu Anggota DPRD Katingan, Muhamad Efendy.

Pada hari Kamis, 12/10/2023, dalam Konferensi pers, ia mengatakan,  "Saat ini, cuaca sudah membaik dan cukup terang, dengan penurunan intensitas asap. Upaya keras dari personil BPBD, TNI-POLRI, MPA, Damkar Satpol PP, dan relawan serta hujan yang turun intensitasnya cukup lama di beberapa wilayah Kalteng, termasuk Katingan, telah membuahkan hasil," ucapnya.

Efendy menginformasikan bahwa tingkat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) akibat asap Karhutla, yang sebelumnya mencapai 326, kini sudah drastis turun di bawah 100. Legislator Partai Demokrat ini mengajak masyarakat untuk terus menjaga kondisi baik ini dan mencegah peningkatan kembali tebaran asap di daerah mereka.

"Dalam menjaga lingkungan, mari bersama-sama membersihkan sekitar tempat tinggal masing-masing. Hindari pembakaran sampah atau lahan, dan segera padamkan titik api kecil apabila ditemukan, agar tidak meluas dan merugikan lingkungan serta pemukiman penduduk," tambahnya.

Efendy menekankan bahwa dampak kebakaran hutan tidak hanya merugikan tempat tinggal, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan masyarakat. Asap yang dihasilkan dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut bagi mereka yang terpapar.

"Dengan menjaga Kabupaten Katingan dari potensi kebakaran, kita tidak hanya melindungi tempat tinggal kita tetapi juga kesehatan kita sendiri," tegasnya..

 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments