P. Pisau

Musim Panceklik tiba “DKP Pulpis Fokus berikan Bantuan pada Nelayan”

PULANG PISAU - Godfridson selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulang Pisau, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan, Rahmadi, mengumumkan bahwa DKP Pulpis telah memberikan bantuan kepada masyarakat nelayan dalam rangka mengantisipasi musim paceklik yang terjadi pada bulan Agustus-September 2023, atau musim barat bagi para nelayan di wilayah pesisir.

Menurutnya selama musim paceklik, para nelayan tidak dapat melaut dan harus mencari pekerjaan di darat atau mencari usaha lain untuk mencukupi kebutuhan hidup. Namun, musim kemarau tidak berpengaruh terhadap nelayan tambak, karena mereka masih dapat mengikuti air pasang surut.

Untuk membantu nelayan dalam pengolahan hasil tangkapan, DKP Pulpis memberikan bantuan berupa plastik kemasan dan pelatihan-pelatihan yang mendukung usaha sampingan masyarakat nelayan. Menurut Rahmadi, bantuan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengantisipasi musim paceklik.

Rahmadi juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2022, DKP Pulpis telah menyalurkan program dari Kementerian SDM berupa 1127 unit mesin menggunakan tabung gas kepada nelayan. Bantuan ini bertujuan untuk mendukung para nelayan dalam meningkatkan usaha penangkapan ikan.

Selain memberikan bantuan, DKP Pulpis juga melakukan pengawasan terhadap aktivitas ilegal dalam mencari ikan. Namun, mereka juga memberikan pembinaan kepada masyarakat agar tidak menggunakan metode penangkapan ikan yang dilarang.

Rahmadi menambahkan bahwa pada tahun 2023, DKP Pulpis juga memberikan bantuan berupa mesin diesel kepada nelayan pesisir dan mesin alkon kepada nelayan darat. Hal ini dilakukan dalam upaya membantu masyarakat nelayan di musim paceklik. Setidaknya pemerintah tidak menutup mata dan berusaha secara maksimal dengan kondisi yang dialami para Nelayan.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments