P. Raya

Musrenbang Kecamatan digelar sebagai lanjutan dari Musrenbag tingkat Desa

PULANG PISAU - Berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Maliku Senin 13/02/2023, Bupati Pudjirustaty Narang dari Pulang Pisau, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten, Tony Harisinta, memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Pulang Pisau. Musrenbang ini bertujuan untuk menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2024-2026.

Hadir dalam acara ini oleh Ketua DPRD Pulang Pisau, Wakil Ketua DPRD Pulang Pisau,  Sekda Pulang Pisau,  unsur Muspida, kepala desa, anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan peserta lainnya.

Sekda Tony Harisinta menjelaskan bahwa Musrenbang adalah forum pembangunan untuk merumuskan RKPD 2024-2026 serta mencari masukan awal dalam proses penyusunan rencana tersebut. Dukungan pendanaan dari APBD kabupaten, APBD provinsi, dan APBN akan menjadi faktor penting dalam pelaksanaan program atau kegiatan.

Tony menyebut Musrenbang tingkat kecamatan sebagai kelanjutan dari Musrenbang tingkat desa. Hasil rekapitulasi dari Musrenbang desa akan menjadi dasar sinergi dan sinkronisasi pembangunan dalam Musrenbang tingkat kecamatan.

Usulan dari tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan didominasi oleh bidang infrastruktur, ekonomi, sosial budaya, dan pemerintahan. Program dan kegiatan 2024-2026 harus berdasarkan usulan desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai prioritas dan urgensi. Perangkat daerah harus bersinergi dalam memecahkan masalah lintas sektor demi efektivitas dan konsistensi pembangunan.

Tony menekankan pentingnya keberlanjutan pembangunan serta koordinasi camat dengan perangkat terkait. Ia mengingatkan untuk menghindari pembangunan yang mangkrak.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments