P. Raya

Nenie A Lambung Meminta  Masyarakat Lestarikan Budaya Daerah

PALANGKA RAYA – Untuk menjaga budaya dan kearifan lokal kalangan di tengah masyarakat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mengingatkan masyarakat untuk melestarikannya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung menilai jika budaya yang ada tidak dijaga, maka akan tergerus oleh perkembangan zaman dan teknologi.

“Upaya melestarikan kebudayaan dapat kita mulai sedari dini, dengan mengenalkan berbagai permainan tradisional kepada anak-anak, sehingga mereka bisa belajar kearifan lokal dan budaya daerah,” ujarnya, Jumat 14 Oktober 2022.

Lebih lanjut Nenie mengatakan menarik minat anak-anak yang telah mengenal teknologi terhadap budaya tentu tidaklah mudah. Peran dari lingkup terkecil pun sangat diperlukan, salah satunya melalui keluarga dan sekolah untuk mengenalkannya secara bertahap.

“Selanjutnya tinggal keterlibatan dinas terkait, para pelaku seni, tokoh masyarakat dan juga orangtua sangat diperlukan dalam upaya ini,” sebutnya.

Nenie mengharapkan semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap pelestarian kearifan lokal dan budaya daerah Kalteng. Apalagi mengenal permainan tradisional kepada anak memiliki berbagai manfaat.

“Selain bermain, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Diantaranya seperti melatih insting, kepekaan sosial, mental, dan fisik,” tutup Srikandi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments