P. Raya

Observasi Lahan Gambut Mahasiwa KKN Di Desa Lampuyang

SAMPIT- Mahasiswa KKN UPR kelompok 59 bersama Kader pendidikan lapangan Badan restorasi gambut (BRG) Kalimantan Tengah, melakukan Observasi ke lahan gambut yang ada di desa Lampuyang, kecamatan Teluk Sampit, kabupaten Kota waringin Timur pada Jumat 12 Agustus 2022.

Kegiatan Observasi lahan gambut, yang di lakukan oleh Kelompok 59 Mahasiswa KKN UPR bersam kader pendidikan lapangan badan restorasi gambut (BRG), merupakan salah satu upaya melihat potensi sumber daya alam yang ada di desa Lampuyang, kecamatan Teluk Sampit.

Adapaun jarak lahan gambut yang dituju, berkisar kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan perahu mesin dari desa Lampuyang. Sesamapainya di tempat tujuan Fardoari Reketno ketua Kelompok menjelaskan, kegiatan hari ini yaitu melakukan observasi lahan gambut bersama warga desa dan Pihak BRG untuk melihat sejauh mana pemanfaatan lahan gambut yang ada di desa Lampuyang.

Adapun Halimah kader pendidikan lapangan badan restorasi gambut mengatakan, lahan gambut sangat kaya akan potensi jika dimanfaatkan dengan baik. Namun mengingat keterbatasan sumber daya manusia dengan luasan lahan sehingga belum termanfaatkan dengan baik.

Sehingga Halimah berharap kedepan, masyarakat tidak lagi membakar lahan gambut namun dapat mengelolanya dengan baik menjadi lahan pertaniam berkelanjutan.

Sementara itu Dosen Pembimbing lapangan Charles Hutapea saat dikonfirmasi melalu whattsap mengatakan, kegiatan observasi lahan gambut ini sangat bagus mengingat Kalteng sendiri menjadi sasaran restorasi gambut, sehingga mahasiswa dan para pegiat restorasi harus bekerja erat bersama petani lokal untuk praktik budidaya lahan gambut yang berkelanjutan.

Selain itu Charles juga berharap mahasiswa bersama penggiat restorasi menggelar FGD untuk memperkuat teori sehingga petani lokal dapat menjaga lahan gambut sembari meningkatkan taraf hidup melalui pengolahan lahan gambut yang ramah lingkungan.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments