Kalteng

Optimalkan Pengembangan Budaya Lokal

KUALA PEMBUANG - Ragam kebudayaan merupakan salah satu dari ciri khas bangsa Indonesia. Apalagi dengan ribuan suku  yang ada menjadikan kekayaan budaya  bangsa Indonesia. Hal ini pun menjadi perhatian khusus dari kalangan DPRD Seruyan.  Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko, mengharapkan agar pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat mengoptimalkan pengembangan budaya lokal.

Dengan perkembangan zaman yang cepat, serta banyaknya kebudayaan luar yang masuk secara mudah dapat diakses, diharapkan peran pemerintah daerah sebagai ujung tombak, mampu menjaga serta melestarikan budaya lokal yang saat ini makin tenggelam. Sebab, makin banyaknya budaya luar yang masuk kadang tidak sesuai dengan akar budaya, bangsa Indosesia.

“Saya berharap agar pengembangan budaya lokal harus terus kita tingkatkan, karena ini sebagai identitas kita, jangan sampai luntur karena kemajuan zaman, harus ada upaya kuat dari kita dan pemerintah daerah untuk menjaganya,” ujarnya, Kamis (02/12/2021).

Dia mengungkapkan pengembangan kebudayaan lokal juga menjadi sarana yang sangat strategis bagi Kabupaten Seruyan untuk mempromosikan daerahnya. Apalagi dengan daerah yang memiliki wilayah wisata yang cukup menjanjikan. Diharapkan ini menjadi satu paket yang sangat baik untuk mempromosikan daerah yang bergelar Bumi Gawi Hatantiring, melalui sektor wisata yang bertajuk kebudayaan.

Diharapkan adanya pembinaan serta pengenalan budaya lokal kepada para pemuda, agar nantinya keberadaan budaya ini tetap lestari dan mampu bersaing, apalagi dengan campur tangan pemerintah daerah diharapkan dapat menjadi salah satu pengerak yang cukup kuat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyisipkan setiap kegiatan kebudayan di setiap kegiatan pemerintah daerah, seperti penyambutan tamu yang datang dengan adat budaya daerah, tidak melulu dengan potong pita yang bukan merupakan buadaya lokal tapi budaya luar.

“Jadi akan banyak dampak positif yang akan didapat, baik dari sisi pengembangan dan pelestarian kebudayaan lokal kita tetap terjaga, tanamkan kebanggan pada masarakat terutama para pemuda agar bangga menampilkan budayanya, ini juga akan menjadi salah satu cara mempromosikan Kabupaten Seruyan kepada dunia luar melalui budaya tersebut,” ungkapnya.

(Giya/Altius) 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments