Kalteng

Pemkab Diminta Bina Pelaku UMKM

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

ANGGOTA DPRD SERUYAN M ASWIN

KUALA PEMBUANG - Dalam pengembangan ekonomi kerakyataan di Kabupaten Seruyan, jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan menyarankan kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar agar bisa membina dan mengembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat bersaing lagi.

Wakil ketua II DPRD Seruyan M Aswin, menyebut keberadaan pelaku UMKM sangat berperan penting sebagi roda penggerak perekonomian di suatu wilayah, dan ini menjadi tugas dari pemerintah daerah untuk bisa mengembangkan serta melakukan pendampingan agar kegiatan usaha yang mereka lakukan bisa berjalan dengan baik.

“Saya rasa keberadaan dari para pelaku UMKM di Seruyan ini harus lebih diperhatikan lagi, jangan sampai usaha yang mereka kerjakan berhenti di tengah jalan, maka dari itu kehadiran pemerintah harus ada guna mendukung mereka,” ujarnya, Jumat (03/12/2021).

Dia mengungkapkan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pembinaan terhadap para pelaku UMKM tersebut, dengan cara membantu mereka baik secara permodalan maupun, pelatihan keahlian agar apa yang mereka kerjakan nanti bisa menghasilkan seta mampu bersaing di pasaran.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM seperti meng edukasi bagai mana cara meningkatkan kualitas pruduk mereka, sehingga mampu menghasilkan barang yang mambu laku di pasaran serta melakukan promosi pada para pelaku UMKM, baik dengan promosi yang berkelanjutan atau melakukan pameran bersama pelaku UMKM tersebut.

“Intinya adalah pembinaan yang berkelanjutan itu harus diberikan, jika ada kendala harus dibantu dan dicarikan solusinya agar mereka mampu bertahan, serta selalu berikan edukasi seperti pelatihan keterampilan agar apa yang mereka kerjakan bisa optimal dan memiliki nilai jual yang tinggi,” pungkasnya.

(Giya/Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments