Kalteng

Orangtua Dihimbau Latih Kemampuan bersosialisasi anak sejak dini

PURUK CAHU, – Pentingnya peranan orangtua dalam melatih kemampuan bersosialisasi pada anak sejak dini, agar bisa memudahkan kehidupan anak saat berada di luar rumah yakni di tengah-tengah masyarakat maupun dilingkungan sekolah.

 Hal itu menjadi perhatian Olivia Owiswanti yang duduk di Komisi I DPRD Mura saat ini.

Ia mengatakan, “ Beberapa hal mendasar yang harus dimiliki seorang anak  yakni menumbuhkan sikap percaya diri di lingkungan baru, tersenyum, bersikap ramah, peduli dengan perasaan orang lain, atau saling tolong menolong,” ujarnya, Senin (13/2/2023).

Tambahnya lagi, sejak dini seorang anak terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi, dan keterampilan social yang terarah sejak dini.

Lanjut ia mengatakan, “ Semua karakteristik anak merupakan bekal anak agar bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang akan mereka temui Ketika anak masuk dilingkungan sekolah baru, kelas baru atau baik ke jenjang yang lebih tinggi.” ujarnya.

Dan tentunya figur setiap orangtua dianggap sangat vital dan tidak tergantikan oleh siapapun bagi anak. Oleh karena itu, wajib bagi orang tua menyediakan waktupada anak anak mereka. Bukan hanya pemenuhan materi saja.

Selain itu jika seorang anak  memiliki keterampilan sosial, anak mampu bekerjasama dengan orang lain pada masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri, tentunya akan lebih mempermudah kehidupan mereka kedepannya.

Ia mengatakan, “Seorang anak yang anak mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat dan tidak salah pergaulan, anak juga menjadi lebih mudah membedakan hal-hal yang baik dan tidak kedeannya,” tutupnya.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments