Kalteng

Orangtua diminta proaktif cegah pernikahan pada usia muda

Puruk Cahu - Olivia Owiswanti selaku Srikandi DPRD yang duduk di Komisi I menyampaikan dan menanamkan pemahaman kepada generasi muda pemuda Murung Raya tentang implikasi pernikahan dini.

Ia menyatakan bahwa pernikahan dini akan berdampak sangat besar bagi perempuan yang tidak siap secara mntal. “Jika mereka hamil, mereka bisa melahirkan anak dengan pertumbuhan yang lambat. Kalau itu terjadi, bisa mempengaruhi perkembangan fisik dan kognitif anak," ujarnya, Kamis (7/10/2022).

Ia mengimbau kepada para remaja khususnya wanita untuk lebih fokus dalam mencapai cita-cita yang diinginkan daripada menikah di uaia muda yang masih rentan.

Menurutnya Lebih baik ikut serta dalam berbagai keterampilan dan kegiatan positif yang berguna untuk masa depan, seperti olah raga, seni dan kegiatan lainnya, tambahnya. Politisi Partai Golar itu juga mengimbau para orang tua untuk mengambil sikap lebih aktif menentang pernikahan dini.

Janganlah kita biarkan anak-anak Anda menikah muda. Pernikahan dini memiliki banyak dampak negatif yaitu rentan terhadap masalah, karena pengendalian emosi yang masih labil yang berujung pada penyesalan ke keretakan rumah tangga.

Selain itu, memiliki implikasi yang komplek seperti mengancam kesehatan, sisi psikologis dan juga sisi sosial yang ikut terdampak.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments