Kalteng

Organisai Wanita Islam Kobar Menggelar Isra Mi’raj

PANGKALAN BUN - Organisasi wanita islam Kotawaringin Barat, menggelar peringatan Isra Mi’raj nabi Muhammad SAW di masjid besar Sirajul Muhtadin yang dihadiri langsung, oleh bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah bersama ratusan jamaah dari berbagai kelompok pengajian untuk mendengarkan ceramah yang disampikan ustadz Rohadi pada minggu 13/02/2022.

Dalam sambutan bupati Kotawaringin Barat, Hj. Nurhidayah dikatakan bahwa pelaksanaan, Isra Mi’raj di tahun 2022 ini bisa, dilaksanakan meski kondisinya masih, serba keterbatasan dan masih mewajibkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker, apalagi virus umikron saat ini masih menghantui kabupaten, Kotawaringin Barat.

Dalam ceramahnya Ustadz Rohadi mengatakan, Isra Mi’raj merupakan salah satu hari besar agama Islam yang mengandung peristiwa penting, dalam perjalanan yang dilakukan, Rasulullah SAW membawa sejumlah poin rukun Islam yang masih dijadikan pedoman hingga sekarang.

Peristiwa Isra Miraj diperingati, setiap tanggal 27 Rajab menurut system penanggalan kalender Hijirah. Menurut Muhammad Sholikhin dalam buku di Balik 7 Hari Besar Islam Isra Miraj berlangsung tepat sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.
Isra Miraj terjadi pada tahun 621 M atau tahun 10/11 dari kenabian Jumhur. Ulama menyebutkan tanggalnya adalah malam Jumat 27 Rajab

Untuk menentukan tanggal peringatan, Isra Miraj dalam kalender Masehi dibutuhkan konversi system, penanggalan Hijriah menjadi Masehi, Pengonversian dua kalender ini, telah dilakukan oleh Majelis, Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

(Rudi Bintoro)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments