P. Raya

Panas! Debat Pilkada Kalteng 2024: Food Estate Jadi Aset Wisata atau Sekadar Proyek Ketahanan Pangan?"

PALANGKA RAYA - Dalam debat publik perdana Pilkada Kalteng 2024 di Swiss-BellHotel Danum Palangka Raya, empat pasangan calon kepala daerah saling beradu gagasan terkait pengembangan pariwisata melalui proyek strategis nasional (PSN) food estate di Kalteng.

Paslon Nomor Urut 01,  Willy M Yoseph-Habib Ismail, menegaskan dukungan mereka terhadap proyek ini, menyebutnya sebagai simbol ekonomi berkeadilan dan berkelanjutan. Namun, Habib tidak menjelaskan secara langsung bagaimana food estate akan memperkuat sektor pariwisata, membuat gagasan mereka terasa kurang konkret.

Sebaliknya, Paslon 03, Agustiar Sabran-Edy Pratowo, mengusulkan agar food estate diubah menjadi tujuan ekowisata, di mana pengunjung dapat merasakan konsep "back to nature". Edy optimis bahwa konsep ini akan menarik minat wisatawan.

Paslon Nomor Urut 02, Nadalsyah-Supian Hadi, juga menilai proyek ini memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja dan mendongkrak sektor pariwisata lokal. Nadalsyah menyebut pentingnya mengembangkan aspek-aspek menarik dari food estate untuk memikat wisatawan.

Namun, Paslon 04, Abdul Razak-Sri Suwanto, lebih fokus pada infrastruktur penunjang ketahanan pangan, dengan menekankan perlunya perbaikan sarana untuk memperkuat food estate sebagai penyangga kebutuhan pangan nasional. Mereka tidak menawarkan pandangan jelas terkait aspek pariwisata dari proyek tersebut.

Debat ini memperlihatkan perbedaan visi dari para paslon tentang masa depan food estate, antara pengembangan ekonomi berkelanjutan hingga peluang menjadikannya destinasi wisata unggulan.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments