P. Pisau

Pasar Penyeimbang Pulang Pisau: Strategi Pengendalian Inflasi Menuju Bulan Ramadhan

PULANG PISAU -  Penggelaran pasar penyeimbang dalam rangka mengendalikan inflasi menjelang bulan Ramadhan 1445 H/2024 M. Dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM).

Pada hari Sabtu (02/03/2024), bertempat  di Halaman Stadion HM Sanusi, Kota Pulang Pisau.Acara ini secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani.

Ia mengatakan dihadapan awak media, "Ini merupakan upaya kami untuk mengendalikan inflasi. Biasanya, menjelang hari-hari besar keagamaan, terjadi lonjakan harga beberapa komoditas, oleh karena itu, pasar penyeimbang ini diharapkan dapat membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat, sehingga bisa meringankan beban pengeluaran, " ujarnya tegas.

Dia juga menegaskan bahwa kegiatan ini akan berlanjut di pertengahan bulan Ramadhan dan seminggu menjelang Idul Fitri 2024. Dimana selain diselenggarakan oleh Disperindagkop, tetapi juga melibatkan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian setempat," tambahnya.

Nunu juga menjelaskan bahwa Kabupaten Pulang Pisau menggunakan Indeks Perubahan Harga (IPH) sebagai tolak ukur inflasi, bukan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang digunakan secara nasional, sehingga daerah tersebut berada di bawah rata-rata nasional dalam hal inflasi.

Dia juga menyebutkan harga-harga komoditas di pasar penyeimbang ini, yang masih berada di bawah harga pasaran biasa, dengan harapan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat, terutama dihari hari besar.

(Era)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments