Kalteng

Pasar Tani Berkah Bantu Petani Pasarkan Produk

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bersama Ivo Sugianto Sabran/ didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kalteng sunarti serta Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko, Inspektur Provinsi Sapto Nugroho, Kepala Dinas PUPR Shalahudin, Kepala Disperkimtan Leonard S Ampung, serta beberapa Kepala Perangkat Daerah lainnya menyaksikan secara langsung peresmian dan pembukaan pasar tani berkah pada jumat pagi, 24 juli  2020.

Dalam rangka mendukung pengembangan akses pemasaran langsung dari petani produk pertanian Pemerintah Kalimantan Tengah memberikan perhatian berupa penyelenggaraan kegiatan pasar tani, hal ini bertujuan untuk membantu petani dalam meningkatkan akses pasar sekaligus mendorong pengembangan produk lokal di Kalteng, sehingga masyarakat dapat membeli produk pertanian berkualitas dengan harga terjangkau.

Akibat dampak dari covid19 permintaan produk pertanian dari aktivitas hotel, restoran dan kantor mengalami hambatan dan penurunan terutama distribusi bahan pangan.

Agar produk pertanian tidak terbuang dan tidak terjadi krisis pangan melalui kegiatan optimalisasi produk pertanian ini pembelian produk pertanian dari petani selanjutnya didonasikan kepada masyarakat pada kegiatan pasar tani tersebut.

Dikesempatan yang sama Gubernur Kalteng juga menyerahkan bantuan berupa 100 paket sembako dan 25 ribu bibit cabai dan bibit jeruk kepada para petani. Dalam kegiatan peresmian pasar tani yang ditandai dengan pemotongan pita dimeriahkan pula dengan beberapa lapak hasil produk pertanian dari berbagai macam mulai dari sayur-mayur, daging, buah-buahan, beras, hingga produk pertanian yang telah berinovasi menjadi jamu, minuman segar, dan keripik.

Dengan diresmikannya Pasar Tani Berkah ini Gubernur Kalteng mengharapkan dukungan dari semua pihak serta saling bahu-membahu dalam membangun Kalimantan Tengah.

(OA)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments