Nasional

PDIP Gelar Mudik Gratis, Lepas 178 Bus dari JIExpo

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) memberangkatkan 178 bus dari JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/4/2023), yang menjadi bagian kegiatan mudik bersama parpol berkelir merah itu menyambut Lebaran 2023 atau Idulfitri 1444 Hijriah. 

Ribuan warga terlibat dalam mudik bersama PDIP. Mereka diberangkatkan ke berbagai tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Ada juga tujuan ke Sumatera Selatan dan Lampung.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan, Perikanan, dan Nelayan Rokhmin Dahuri serta Ketua DPP PDIP Wiryanti Sukamdani tampak hadir dalam kegiatan mudik tersebut. Kepala Sekretariat DPP PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo tampak hadir di lokasi.

Hasto membagikan bingkisan dengan tas berwarna merah kepada para pemudik yang sudah berada di dalam bus. 

Pria kelahiran Yogyakarta itu mengatakan kegiatan mudik digelar PDIP demi mendukung pemerintahan era Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

"Komitmen kerakyatan di dalam mudik lebaran ini sebagai upaya PDIP mendukung pemerintahan Presiden Jokowi dan juga gerak bersama dengan seluruh masyarakat Indonesia yang menjadikan Idulfitri sebagai puncak silaturahmi setelah sebulan penuh berpuasa dan halalbihalal saling memaafkan," kata Hasto saat melepas keberangkatan 178 bus di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu. 

Menurut Hasto, kegiatan mudik gratis tidak hanya digelar DPP PDIP, melainkan juga oleh para kepala daerah dari parpol bermomor tiga pada Pemilu 2024.

"Maka, dengan kerja gotong royong hari ini, PDIP meluncurkan 178 mudik gratis, baik itu ke Sumatra, ke Jawa, dan Jawa sejauh ini yang terjauh di Banyuwangi," kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu. 

Hasto kemudian membeberkan alasan DPP PDIP memberangkatkan 178 bus yang menjadi pertanda hari kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Kenapa 178? Sebab, kami mengambil dari angka keramat 17 Agustus yang membangun suatu spirit bahwa bangsa indonesia merdeka dengan landasan Pancasila yang di dalamnya ada falsafah tentang ketuhanan, kemanusiaan, kebanhsaan, persatuan indonesia, dan keadilan sosial yang kami praktikkan di dalam mudik lebaran sebagai tradisi rutin yang dilakukan oleh PDIP, kecuali pada pandemi," ungkap Hasto. 

Pria berkacamata itu mengatakan PDIP menyambut Lebaran 2023 juga memberangkatkan mudik warga menggunakan kereta api secara gratis.

"Total dengan kereta api yang sudah kami luncurkan sejak 17, 18, 19 (April, red) itu sembilan ribu penumpang. Dari sembilan gerbong kereta api, sembilan mengandung makna highest achievement Indonesian dreams dan 17 Agustus dengan semangat proklamasi, kami terus bergerak membangun kemajuan bangsa bersama pemerintahan Jokowi," kata Hasto.

 

(PDI Perjuangan/Samhadi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments