P. Raya

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Pejabat Di Lingkungan Pemprov Kalteng

PALANGKA RAYA - Sebanyak 28 Pejabat Administrator dan 5 (lima) Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik dan diambil sumpahnya di Istana Isen Mulang, Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Senin (28/8/2023). Gubernur Sugianto Sabran Melantik dan Mengambil Sumpah/Janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng. 

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng  H. Sugianto Sabran mengatakan mutasi, promosi dan evaluasi jabatan adalah merupakan hal yang wajar dalam suatu pemerintahan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan di Kalteng. 

Gubernur mengungkapkan dalam melakukan pelantikan dan sumpah janji jabatan kali ini, pihaknya selalu mempertimbangkan berbagai aspek dalam manajemen sumber daya aparatur dan juga mekanisme formal, untuk menempatkan pejabat yang memang menurut penilaian memenuhi syarat dan memiliki kompetensi guna menduduki suatu jabatan. 

“Pemerintah Provinsi Kalteng  saat ini fokus pada pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan masyarakat utamanya sektor kesehatan dan pendidikan, selain itu peningkatan investasi dan hilirisasi potensi unggulan menjadi hal yang penting untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah,” jelas Gubernur.

Ia mengingatkan, kepada pejabat yang dilantik maupun seluruh pejabat yang hadir agar mencermati hal-hal sebagai berikut diantaranya, menghindari perbuatan tercela dan hal-hal yang berpotensi terjadinya tindak pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan menghindari praktek-praktek pungli. 

Selain itu, meningkatkan peran Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat sebagai garda terdepan melakukan pengawasan dan mitigasi, untuk mencegah potensi-potensi mal-administratif dan penyalahgunaan kewenangan.

"Dalam bekerja harus menguasai aturan/ regulasi, update terhadap aturan dan ketentuan yang berlaku agar setiap tindakan yang dilakukan selalu memiliki landasan hukum dan meningkatkan produktivitas dengan penguasaan teknologi dan informasi serta tingkatkan inovasidalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” Tegasnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini meningkatkan fungsi koordinasi dan kerjasama baik secara vertikal maupun horizontal, baik internal maupun eksternal untuk mewujudkan Visi dan Misi Pembangunan menuju Kalteng yang Semakin Berkah.

Sebagai informasi, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng yang dilantik dan diambil sumpahnya diantaranya Ahmad Toyib menjabat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsin Kalteng, Rahmawati menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Agustan Saining menjabat Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Eddy Karusman menjabat Kepala Dinas Sosial Provinsi  Kalteng dan Joni Harta menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng.

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekretaris Daerah dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerinyah Provinsi Kalteng serta Rohaniawan dari Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments