P. Raya

Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

PALANGKA RAYA - Bunda PAUD Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Berprestasi dan Bimbingan Teknis Pengurus Pokja Bunda PAUD Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (28/8/2023).

Bunda PAUD Ivo Sugianto Sabran mengatakan  pentingnya pendidikan dan perawatan anak usia dini yang berkualitas merupakan suatu hal yang bersifat global. Hal ini merujuk pada pandangan yang berlaku di seluruh belahan dunia, yang mempercayai bahwa investasi dalam pendidikan, khususnya PAUD, merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi. Pandangan global ini tercermin dari pengakuan berbagai pemerintah di dunia akan pentingnya fungsi dan peran PAUD baik bagi anak usia dini maupun bangsa.

"Pendidikan Anak Usia Dini memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia, sehingga harus terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan  dan tuntutan orang tua, keluarga, dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas, Ucap Ivo."

Lebih Lanjut Ivo mengingatkan kembali bahwa Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan dan kepala daerah baik itu Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa/Lurah, atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya.

Guna mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas serta implementasi program transisi PAUD-SD yang menyenangkan. Ia mengajak Bunda semuanya untuk terus bergerak maju untuk memberikan dorongan, dukungan, dan berinovasi mengembangkan PAUD berkualitas di seluruh wilayah Provinsi Kalteng,Jelasnya."

Diharapkan Bunda PAUD Kabupaten/Kota Kecamatan, Kelurahan/Desa dapat terus membangun komunikasi  dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing, yang tentunya memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan yang juga merupakan Ketua Pokja Bunda PAUD Nunu Andriani dalam laporannya menyampaikan maksud diselenggarakannya kegiatan Aprisiasi Bunda PAUD Berprestasi dan Apresiasi Pokja Bunda PAUD Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023 untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bunda Paud Kabupaten/Kota dan Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota serta PAUD HI Percontohan di setiap Kabupaten/Kota serta memberikan pembekalan dan pemahaman kepada peserta tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Aprsiasi Bunda PAUD Berprestasi dan Apresiasi Pokja Buda PAUD Tingkat Provinsi  Kalteng Tahun 2023 adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bunda PAUD Kabupaten/Kota se-Prov. Kalteng sebagai upaya peningkatan layanan kualitas PAUD di Kalteng.

" PAUD Holistik Integratif selama ini masih dianggap program baru padahal PAUD-HI adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, Pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak,” tambahnya.

Kegiatan dihadiri Oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekretaris Daerah, serta Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Provinsi Kalteng, Bunda PAUD Kabupaten/Kota Se-Kalteng, Narasumber serta Para peserta Bimtek Pengurus Pokja Bunda PAUD.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments