P. Raya

Pengembangan Kawasan Wisata Dan UMKM

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari  saat ditemui dalam acara kegiataan Apresiasi Bunda PAUD, yang  dilaksanakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Senin (29/8/2023), mengatakan dalam pembangunan destinasi wisata untuk Sebangau pengembangan kawasan wisata Sebangau itu  sendiri sudah perencanaanya kita laksanakan ditahun 2023 ini, tetapi pembangunannya Insya Allah ditahun 2024 selesai , tadinya memang akan di programkan rencananya awal,  akan tetapi tidak  dilaksanakan  secara Full.

"Namun  kemudian Gubernur mengintruksikan kepada kami agar nanti secara keseluruhan dipindahkan di tahun 2024 untuk fisiknya, tetapi perencanaanya kita sudah selesai tinggal nanti fisiknya di tahun 2024,” Ucap Adiah.

Pembangunan kawasan wisata, akan dibangun satu kawasan ekowisata dan banyak fasilitas yang bisa dinikmati para wisatawan seperti House untuk UMKM dan juga toko oleh oleh souvenir asli dari Kalteng.

Kemudian ada tempat gedung pertemuan, tempat untuk edukasi dan  tempat bermain.  Terkait ekowisata tersebut, banyak yang dapat dinikmati wisatawan. Pembangunanya sendiri berada di  Kereng Bangkirai , keseberang masuk dalam kawasan Kereng Bangkirai dan tentu akan melibatkan masyarakat setempat.

“Secara tidak langsung mengangkat ekonomi masyarakat yang berada di kawasan wisata dan tentunya UMKM juga. Masyarakat bisa mempromosikan hasil hasil kerajinan dan menawarkan makanan khas dari Kalteng,” imbuh Adiah.

Jadi kita ingin menghidupkan wisata yang sudah dikelola oleh masyarakat dan terintergrasi dengan kawasan yang akan kita bangun tersebut .

 

 

(Era Suhertini)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments